Tuesday, 17 April 2018

seilabus K13 ilmu kalam





 











SILABU
MAN  MEMPAWAH
SEMESTER I
MATA PELAJARAN
ILMU KALAM



Satan Pendidikan          : MAN 1 Mempawah
Mata Pelajaran              : Ilmu Kalam
Kelas/Smester              : X Agama/I
Taun Pelajaran             : 2017/2018

Kopetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tangung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunggan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengelolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah abstark terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kopetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilain
Alokasi
waktu
keterangan
1.1.        Meyakini prinsip-prinsip akidah islam dalam kehidupan
1.2.        Menghayati metode-metode peningkatan kualitas akidah islam dalam kehidupan
2.1.    Menerapkan prinsip-prinsip akidah islam
2.2.   Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akidah islam dalam kehidupan
2.3.     Membiasakan diri dengan bertauhid yang benar
3.1.    Menganalisis prinsip-prinsip akidah islam
3.2.    Menganalisis metode-metode peningkatan kualitas akidah islam 
4.1.    Menyajikan peta konsep prinsip-prinsip akidah islam  
4.2.    Menyajikan berbagai konsep metode-metode peningkatan kualitas akidah islam

Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah










Mengamati
·    Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah
·    Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian dalam prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah
Menanya
·    Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
·    Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian dalam Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan yabg berkaitan dengan metode peningkatan kualitas akidah
Mengumpulkan Data
·    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah
·    Peserta didik mendiskusikan metode peningkatan kualitas akidah
Mengasosiasi
·    Peserta didik menganalisis nilai-nilai proses peningkatan  kualitas akidah dan mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
·    Peserta didik menyimpulkan metode pengunaan dalam peningkatan kualitass akidah dan mencerminkan sikap meneladaninya
Menggonikasikan
·    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
·    Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
·    Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkait tentang materi yang di pelajari
·    Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru

Tugas
·         Menelaah  teks dari berbagai leteratur tentang  Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
·         Membaca teks tentang metode peningkatan kualitas akidah
Observasi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusiakan Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
·         Peserta didik mendiskusikan hasil pengunaan metode peningkatan kualitas akidah
Portofolio
·         Membuat laporan tentang prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah
Tes
·         Kemampuan kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
3 JP
·         Buku ilmu kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·         Multimedia interaktif/CD interaktif/vidio

Kopetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilain
Alokasi
waktu
keterangan
1.3.   Menghayati nilai-nilai tauhid dengan benar
2.3. Membiasakan diri dengan bertauhid yang benar
3.3. Membandingkan pengertian tauhid dan istilah-istilah yang terkait
4.3. Menyajikan peta konsep pengertian tauhid dan istilah-istilah yang terkait
Tauhid dalam ajaran islam
Mengamati
·    Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan tauhid dalam ajaran islam  
·    Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian ajaran islam
Menanya
·    Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tauhid dalam ajaran islam
·    Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian dalam  ajaran islam
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ajaran islam
Mengumpulkan Data
·    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Tauhid dalam ajaran islam
·    Peserta didik mendiskusikan ajaran islam
Mengasosiasi
·    Peserta didik menganalisis nilai-nilai Tauhid dalam ajaran isalam  dan mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
·    Peserta didik menyimpulkan ajaran isalam dalam peningkatan kualitass akidah dan mencerminkan sikap meneladaninya
Menggonikasikan
·    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Tauhid dalam ajaran islam
·    Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
·    Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkait tentang materi yang di pelajari
·    Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru

Tugas
·         Menelaah  teks dari berbagai leteratur tentang  Tauhid dalam ajaran isalam
·         Membaca teks tentang ajaran islam
Observasi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusiakan tauhid dalam ajaran islam
·         Peserta didik mendiskusikan hasil pengunaan ajaran islam 
Portofolio
·         Membuat laporan tentang tauhid dalam ajaran islam 
Tes
·         Kemampuan kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
3 JP
·         Buku ilmu kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·         Multimedia interaktif/CD interaktif/vidio


Kopetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilain
Alokasi
waktu
keterangan
1.4.Menunjukkan sikap penolakan terhadap hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
2.4. Berkomitmen membiasakan diri menghadiri hal-hal yang mengarah yang mengarah pada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
3.4. Memahami pengertian, contoh dan dampak syirik
4.4. Praktek-praktek perbuatan syirik dalam masyarakat

Syirik dalam ajaran islam
Mengamati
·    Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan Syirik dalam ajaran islam   
·    Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian Syirik dalam ajaran islam
Menanya
·    Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam 
·    Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian dalam  Syirik dalam ajaran  islam
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam
Mengumpulkan Data
·    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Syirik dalam ajaran islam
·    Peserta didik mendiskusikan a Syirik dalam jaran islam
Mengasosiasi
·    Peserta didik menganalisis nilai-nilai Syirik dalam ajaran islam  dan mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
·    Peserta didik menyimpulkan Syirik dalam ajaran islam 
Menggonikasikan
·    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Syirik dalam ajaran islam
·    Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
·    Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkait tentang materi yang di pelajari
·    Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru

Tugas
·         Menelaah  teks dari berbagai leteratur tentang  Syirik dalam ajaran islam
·         Membaca teks tentang Syirik dalam ajaran islam
Observasi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusiakan Syirik dalam ajaran islam
·         Peserta didik mendiskusikan hasil Syirik dalam ajaran  islam 
Portofolio
·         Membuat laporan tentang Syirik dalam ajaran islam 
Tes
·         Kemampuan kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
3 JP
·         Buku ilmu kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·         Multimedia interaktif/CD interaktif/vidio


Kopetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilain
Alokasi
waktu
keterangan
1.5. Menyakini pentingnya keimanan yang kuat setelah memahami ilmu kalam
2.5. Mengamalkan ilmu kalam untuk memperbaiki sikap sosial di masyarakat
2.6. Menghargai perbedaan pendapat para ulama ilmu kalam yang berpengaruh pada sikap keseharian
3.5. Memahami pengetian, ruanglingkup dan kedudukan ilmu kalam dan kajian islam
4.2. Menyajikan berbagai konsep metode-metode peningkatan kualitas akidah islam
4.5. Menyusun peta konsep pengertian, ruanglingkup dan kehidupan ilmu kalam

Ilmu kalam dalam ajaran islam
Mengamati
·    Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan ilmu kalam dalam ajaran islam    
·    Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian ilmu kalam dalam ajaran isalam 
Menanya
·    Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu kalam dalam ajaran islam  
·    Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian dalam  ilmu kalam dalam ajaran  islam 
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu kalam dalam ajaran islam
Mengumpulkan Data
·    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan  ilmu kalam dalam ajaran silam 
·    Peserta didik mendiskusikan a ilmu kalam dalam ajaran islam
Mengasosiasi
·    Peserta didik menganalisis nilai-nilai ilmu kalam dalam ajaran islam   dan mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
·    Peserta didik menyimpulkan ilmu kalam dalam ajaran islam
Menggonikasikan
·    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang ilmu kalam dalam ajaran islam
·    Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
·    Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkait tentang materi yang di pelajari
·    Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru

Tugas
·         Menelaah  teks dari berbagai leteratur tentang  ilmu kalam dalam ajaran islam
·         Membaca teks tentang Ilmu kalam dalam ajaran islam Observasi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusiakan Ilmu kalam dalam ajaran islam
·         Peserta didik mendiskusikan hasil Ilmu kalam dalam ajaran islam Portofolio
·         Membuat laporan tentang Ilmu kalam dalam ajaran islam
Tes
·         Kemampuan kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
3 JP
·         Buku ilmu kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·         Multimedia interaktif/CD interaktif/vidio

Mengetahui                                                                                                                    ...............................
          Kepala Sekolah                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

          Ridwan, S.Pd.i.                                                                                                     Kholilurrohim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.


 












SILABU
MAN  MEMPAWAH
SEMESTER II
MATA PELAJARAN
ILMU KALAM






Kopetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilain
Alokasi
waktu
keterangan
1.1.Menyakini fenomena ketauhitan pada masa nabi adam As hingga masa nabi Muhammad Saw
1.2.Menolak bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
1.3.Menghayati perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw. Dan masa sahabat
1.4.Menghayati faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
2.1. Terbiasa meneladani fenomena ketauhidan pada masa Nabi Adam As hingga masa Nabi Muhammad Saw
2.2. Menghindari bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
2.3. Meneladani model penanam akidah pada masa Nabi Muhammad Saw. Dan masa sahabat
2.4. Menghindari faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam dalam kehidupan sehari-hari
3.1. Membandingkan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As hingga masa Nabi Muhammad Saw
3.2. Mengidentiifikasi bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
3.3. Menganalisis perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw
3.4. Menganalisis pekembangan akidah pada masa sahabat
3.5. Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab aliran-aliran ilmu kalam
4.1. Menceritakan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As hingga Nabi Muhammad Saw
4.2. Menceritakan bentuk penyimpangan umat-uamat terdahulu dari dakwah para Nabi
4.1. Menceritakan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As hingga Nabi Muhammad Saw
4.2. Menceritakan bentuk penyimpangan umat-uamat terdahulu dari dakwah para Nabi
4.3. akidah masa Nabi Muhammad dan masa sahabat
4.4. Menceritakan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam dalam kehidupan sehari-hari

Sejarah perkembangan ilmu kalam  
Mengamati
·    Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan  Sejarah perkembangan ilmu kalam  
·    Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian  perkembangan ilmu kalam   
Menanya
·    Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan  Sejarah perkembangan ilmu kalam  
·    Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian perkembangan ilmu kalam
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perkembangan ilmu kalam
Mengumpulkan Data
·    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan  Sejarah perkembangan ilmu kalam  
·    Peserta didik mendiskusikan a perekembangan ilmu kalam
Mengasosiasi
·    Peserta didik menganalisis nilai- Sejarah perkembangan ilmu kalam     dan mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
·    Peserta didik menyimpulkan  perkembangan ilmu kalam
Menggonikasikan
·    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Sejarah perkembangan ilmu kalam
·    Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
·    Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkait tentang materi yang di pelajari
·    Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru

Tugas
·         Menelaah  teks dari berbagai leteratur tentang  Sejarah perkembangan ilmu kalam
·       Membaca teks tentang Ilmu kalam dalam ajaran islam Observasi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusiakan Sejarah perkembangan ilmu kalam  
·         Peserta didik mendiskusikan hasil perekembangan ilmu kalam Portofolio
·         Membuat laporan tentang Sejarah perkembangan ilmu kalam  
Tes
·         Kemampuan kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
6 JP
·         Buku ilmu kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·         Multimedia interaktif/CD interaktif/vidio


Kopetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilain
Alokasi
waktu
keterangan
1.2. Menolak bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
1.2. Menolak bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
1.3. Menghayati perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw. Dan masa sahabat
1.4. Menghayati faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
1.5. Menerima fakta historis aliran hawarij, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.6. Menerima fakta historis aliran murji’ah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.7. Menerima fakta historis aliran Syi’ah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.8. Menerima fakta historis aliran jabariah dan qodariah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.9. Menerima fakta historis aliran Mu’tazillah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.10. Menerima fakta historis aliran As’ariyah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.11. Menerima fakta historis aliran Maturidiyah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.12. Menghayati perbedaan antara aliran-aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
2.5. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Hawarij
2.6. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Murji’ah
2.7. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Syi’ah
2.8. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Jabariah dan Qodariayah
2.9. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Mu’tazilah
2.10. Meneladani aspek positif aliran As’ariyah
2.11. Meneladani aspek positif aliran Maturidiyah
2.12. Meneladani aspek positif perbedaan antara aliran-aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainya dan menghindari aspek negatif 
3.5.Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab aliran-aliran ilmu kalam
3.6. Menganalisis aliran Hawarij, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
3.7. Membandingkan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As hinggan masa Nabi Muhammad Saw
3.8.Mengidentifikasikan bentuk penyimpanggan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
3.9. Menganalisis perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw
3.10. Menganalisis perkembangan akida pada masa sahabat
3.11.Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab timbulnya liran-aliran ilmu kalam
3.12. Menganilisis aliran Khawarij, tokoh-tokoh dan doktrom-doktrimnya
3.13. Menganilisis aliran Murji’ah , tokoh-tokoh dan doktrom-doktrimnya
4.5. Menyajikan peta konsep aliran Khawarij, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.6. Menyajikan peta konsep aliran Murji’ah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.7. Menyajikan peta konsep aliran Syi’ah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.8. Menyajikan peta konsep aliran Jabariah dan Qodariah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.9. Menyajikan peta konsep aliran Mu’tazillah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.10. Menyajikan peta konsep aliran Asy’ariyah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.11. Menyajikan peta konsep aliran Maturidiyah, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.12. Menyajikan peta konsep antara aliran-aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lain
Aliran dan doktrim aliran dalam  ilmu kalam
Mengamati
·    Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan aliran dan doktrin aliran dalam ilmu kalam   
·    Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian  doktrim aliran dalam ilmu kalam  
Menanya
·    Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan doktrim aliran dalam ilmu kalam  
·    Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian doktrim aliran dalam ilmu kalam
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan doktrim aliran dalam ilmu kalam  
Mengumpulkan Data
·    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan aliran dan doktrim dalam  ilmu kalam
·    Peserta didik mendiskusikan doktrim aliran dalam ilmu kalam  
Mengasosiasi
·    Peserta didik menganalisis nilai-nilai aliiran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam  dan mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
·    Peserta didik menyimpulkan aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam  dan mencerminkan sikap meneladaninya
Menggonikasikan
·    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
·    Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
·    Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkait tentang materi yang di pelajari
·    Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru

Tugas
·         Menelaah  teks dari berbagai leteratur tentang  Aliran dan doktrim aliran dalam  ilmu kalam
·         Membaca teks Aliran dan doktrim aliran dalam  ilmu kalam
Observasi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusiakan Aliran dan doktrim aliran dalam  ilmu kalam
·         Peserta didik mendiskusikan hasil pengunaan Aliran dan doktrim aliran dalam  ilmu kalam
Portofolio
·         Membuat laporan tentang Aliran dan doktrim aliran dalam  ilmu kalam
Tes
·         Kemampuan kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
6 JP
·         Buku ilmu kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·         Multimedia interaktif/CD interaktif/vidio


Mengetahui                                                                                                                    ...............................
          Kepala Sekolah                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

Misran. S.Pd.I.                                                                                                     Kholilrrohim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.
          NIP: 19820606 200604 1020

2 comments: