![]() |
SILABU
MAN MEMPAWAH
SEMESTER I
MATA PELAJARAN
ILMU KALAM
|
Satan Pendidikan : MAN 1 Mempawah
Mata Pelajaran : Ilmu Kalam
Kelas/Smester
: X Agama/I
Taun Pelajaran : 2017/2018
|
Kopetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tangung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkunggan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk
memecahkan masalah
4.
Mengelolah,
menalar, dan menyajikan dalam ranah abstark terkait dengan pengembangan diri
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
|
1.1.
Meyakini
prinsip-prinsip akidah islam dalam kehidupan
1.2.
Menghayati
metode-metode peningkatan kualitas akidah islam dalam kehidupan
2.1. Menerapkan
prinsip-prinsip akidah islam
2.2. Terbiasa menerapkan
metode-metode peningkatan kualitas akidah islam dalam kehidupan
2.3. Membiasakan diri
dengan bertauhid yang benar
3.1. Menganalisis
prinsip-prinsip akidah islam
3.2. Menganalisis
metode-metode peningkatan kualitas akidah islam
4.1. Menyajikan peta
konsep prinsip-prinsip akidah islam
4.2. Menyajikan berbagai
konsep metode-metode peningkatan kualitas akidah islam
|
Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
|
Mengamati
· Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan prinsip
dan metode peningkatan kualitas akidah
· Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian dalam prinsip dan
metode peningkatan kualitas akidah
Menanya
· Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
· Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan
bagian-bagian dalam Prinsip dan metode peningkatan kualitas Akidah
· Peserta didik mengajukan pertanyaan yabg berkaitan dengan metode
peningkatan kualitas akidah
Mengumpulkan Data
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan prinsip dan metode
peningkatan kualitas akidah
· Peserta didik mendiskusikan metode peningkatan kualitas akidah
Mengasosiasi
· Peserta didik menganalisis nilai-nilai proses peningkatan kualitas akidah dan mengamplikasikannya
untuk masa yang akan datang
· Peserta didik menyimpulkan metode pengunaan dalam peningkatan
kualitass akidah dan mencerminkan sikap meneladaninya
Menggonikasikan
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Prinsip
dan metode peningkatan kualitas Akidah
· Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
· Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta
didik terkait tentang materi yang di pelajari
· Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru
|
Tugas
·
Menelaah teks dari berbagai leteratur tentang Prinsip dan metode peningkatan kualitas
Akidah
·
Membaca teks
tentang metode peningkatan kualitas akidah
Observasi
·
Peserta didik
secara berkelompok mendiskusiakan Prinsip dan metode peningkatan kualitas
Akidah
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengunaan metode peningkatan kualitas akidah
Portofolio
·
Membuat
laporan tentang prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah
Tes
·
Kemampuan
kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
3 JP
|
·
Buku ilmu
kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·
Multimedia
interaktif/CD interaktif/vidio
|
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
|
1.3.
Menghayati
nilai-nilai tauhid dengan benar
2.3. Membiasakan diri dengan bertauhid yang benar
3.3. Membandingkan pengertian tauhid dan istilah-istilah yang
terkait
4.3. Menyajikan peta konsep pengertian tauhid dan istilah-istilah
yang terkait
|
Tauhid dalam ajaran islam
|
Mengamati
· Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan tauhid
dalam ajaran islam
· Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian ajaran islam
Menanya
· Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan tauhid dalam ajaran islam
· Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan
bagian-bagian dalam ajaran islam
· Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ajaran
islam
Mengumpulkan Data
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Tauhid dalam
ajaran islam
· Peserta didik mendiskusikan ajaran islam
Mengasosiasi
· Peserta didik menganalisis nilai-nilai Tauhid dalam ajaran
isalam dan mengamplikasikannya untuk
masa yang akan datang
· Peserta didik menyimpulkan ajaran isalam dalam peningkatan
kualitass akidah dan mencerminkan sikap meneladaninya
Menggonikasikan
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Tauhid
dalam ajaran islam
· Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
· Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta
didik terkait tentang materi yang di pelajari
· Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru
|
Tugas
·
Menelaah teks dari berbagai leteratur tentang Tauhid dalam ajaran isalam
·
Membaca teks
tentang ajaran islam
Observasi
·
Peserta didik
secara berkelompok mendiskusiakan tauhid dalam ajaran islam
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengunaan ajaran islam
Portofolio
·
Membuat
laporan tentang tauhid dalam ajaran islam
Tes
·
Kemampuan
kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
3 JP
|
·
Buku ilmu
kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·
Multimedia
interaktif/CD interaktif/vidio
|
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
|
1.4.Menunjukkan
sikap penolakan terhadap hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam
kehidupan sehari-hari
2.4. Berkomitmen membiasakan diri menghadiri hal-hal yang
mengarah yang mengarah pada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
3.4. Memahami pengertian, contoh dan dampak syirik
4.4. Praktek-praktek perbuatan syirik dalam masyarakat
|
Syirik dalam ajaran islam
|
Mengamati
· Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan Syirik
dalam ajaran islam
· Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian Syirik dalam
ajaran islam
Menanya
· Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam
· Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan bagian-bagian
dalam Syirik dalam ajaran islam
· Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Syirik
dalam ajaran islam
Mengumpulkan Data
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Syirik dalam
ajaran islam
· Peserta didik mendiskusikan a Syirik dalam jaran islam
Mengasosiasi
· Peserta didik menganalisis nilai-nilai Syirik dalam ajaran
islam dan mengamplikasikannya untuk
masa yang akan datang
· Peserta didik menyimpulkan Syirik dalam ajaran islam
Menggonikasikan
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Syirik
dalam ajaran islam
· Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
· Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta
didik terkait tentang materi yang di pelajari
· Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru
|
Tugas
·
Menelaah teks dari berbagai leteratur tentang Syirik dalam ajaran islam
·
Membaca teks
tentang Syirik dalam ajaran islam
Observasi
·
Peserta didik
secara berkelompok mendiskusiakan Syirik dalam ajaran islam
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil Syirik dalam ajaran
islam
Portofolio
·
Membuat
laporan tentang Syirik dalam ajaran islam
Tes
·
Kemampuan
kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
3 JP
|
·
Buku ilmu
kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·
Multimedia
interaktif/CD interaktif/vidio
|
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
|
1.5. Menyakini
pentingnya keimanan yang kuat setelah memahami ilmu kalam
2.5. Mengamalkan ilmu kalam untuk memperbaiki sikap sosial di
masyarakat
2.6. Menghargai perbedaan pendapat para ulama ilmu kalam yang
berpengaruh pada sikap keseharian
3.5. Memahami pengetian, ruanglingkup dan kedudukan ilmu kalam
dan kajian islam
4.2. Menyajikan berbagai konsep metode-metode peningkatan
kualitas akidah islam
4.5. Menyusun peta konsep pengertian, ruanglingkup dan kehidupan
ilmu kalam
|
Ilmu kalam dalam ajaran islam
|
Mengamati
· Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan ilmu
kalam dalam ajaran islam
· Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian ilmu kalam dalam
ajaran isalam
Menanya
· Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan ilmu kalam dalam ajaran islam
· Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan
bagian-bagian dalam ilmu kalam dalam
ajaran islam
· Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu
kalam dalam ajaran islam
Mengumpulkan Data
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan ilmu kalam dalam ajaran silam
· Peserta didik mendiskusikan a ilmu kalam dalam ajaran islam
Mengasosiasi
· Peserta didik menganalisis nilai-nilai ilmu kalam dalam ajaran
islam dan mengamplikasikannya untuk
masa yang akan datang
· Peserta didik menyimpulkan ilmu kalam dalam ajaran islam
Menggonikasikan
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang ilmu
kalam dalam ajaran islam
· Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
· Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta
didik terkait tentang materi yang di pelajari
· Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru
|
Tugas
·
Menelaah teks dari berbagai leteratur tentang ilmu kalam dalam ajaran islam
·
Membaca teks
tentang Ilmu kalam dalam ajaran islam Observasi
·
Peserta didik
secara berkelompok mendiskusiakan Ilmu kalam dalam ajaran islam
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil Ilmu kalam dalam ajaran islam Portofolio
·
Membuat
laporan tentang Ilmu kalam dalam ajaran islam
Tes
·
Kemampuan
kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
3 JP
|
·
Buku ilmu kalam
untuk madrasah aliyah kelas X
·
Multimedia
interaktif/CD interaktif/vidio
|
Mengetahui
...............................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ridwan,
S.Pd.i. Kholilurrohim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.
![]() |
SILABU
MAN MEMPAWAH
SEMESTER II
MATA PELAJARAN
ILMU KALAM
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
|
1.1.Menyakini
fenomena ketauhitan pada masa nabi adam As hingga masa nabi Muhammad Saw
1.2.Menolak
bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
1.3.Menghayati
perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw. Dan masa sahabat
1.4.Menghayati
faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
2.1. Terbiasa meneladani fenomena ketauhidan pada masa Nabi Adam
As hingga masa Nabi Muhammad Saw
2.2. Menghindari bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari
dakwah para Nabi
2.3. Meneladani model penanam akidah pada masa Nabi Muhammad Saw.
Dan masa sahabat
2.4. Menghindari faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran
ilmu kalam dalam kehidupan sehari-hari
3.1. Membandingkan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As
hingga masa Nabi Muhammad Saw
3.2. Mengidentiifikasi bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu
dari dakwah para Nabi
3.3. Menganalisis perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw
3.4. Menganalisis pekembangan akidah pada masa sahabat
3.5. Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab aliran-aliran
ilmu kalam
4.1. Menceritakan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As
hingga Nabi Muhammad Saw
4.2. Menceritakan bentuk penyimpangan umat-uamat terdahulu dari
dakwah para Nabi
4.1. Menceritakan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As
hingga Nabi Muhammad Saw
4.2. Menceritakan bentuk penyimpangan umat-uamat terdahulu dari
dakwah para Nabi
4.3. akidah masa Nabi Muhammad dan masa sahabat
4.4. Menceritakan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran
ilmu kalam dalam kehidupan sehari-hari
|
Sejarah perkembangan ilmu kalam
|
Mengamati
· Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan Sejarah perkembangan ilmu kalam
· Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian perkembangan ilmu kalam
Menanya
· Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan Sejarah perkembangan
ilmu kalam
· Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan
bagian-bagian perkembangan ilmu kalam
· Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perkembangan
ilmu kalam
Mengumpulkan Data
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Sejarah perkembangan ilmu kalam
· Peserta didik mendiskusikan a perekembangan ilmu kalam
Mengasosiasi
· Peserta didik menganalisis nilai- Sejarah perkembangan ilmu kalam
dan mengamplikasikannya untuk masa yang
akan datang
· Peserta didik menyimpulkan perkembangan ilmu kalam
Menggonikasikan
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Sejarah
perkembangan ilmu kalam
· Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
· Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta
didik terkait tentang materi yang di pelajari
· Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru
|
Tugas
·
Menelaah teks dari berbagai leteratur tentang Sejarah perkembangan ilmu kalam
·
Membaca teks
tentang Ilmu kalam dalam ajaran islam Observasi
·
Peserta didik
secara berkelompok mendiskusiakan Sejarah perkembangan ilmu kalam
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil perekembangan ilmu kalam Portofolio
·
Membuat
laporan tentang Sejarah perkembangan ilmu kalam
Tes
·
Kemampuan
kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku ilmu
kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·
Multimedia
interaktif/CD interaktif/vidio
|
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilain
|
Alokasi
waktu
|
keterangan
|
|
1.2. Menolak bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah
para Nabi
1.2. Menolak bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah
para Nabi
1.3. Menghayati perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw.
Dan masa sahabat
1.4. Menghayati faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran
ilmu kalam
1.5. Menerima fakta historis aliran hawarij, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
1.6. Menerima fakta historis aliran murji’ah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
1.7. Menerima fakta historis aliran Syi’ah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
1.8. Menerima fakta historis aliran jabariah dan qodariah,
tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
1.9. Menerima fakta historis aliran Mu’tazillah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
1.10. Menerima fakta historis aliran As’ariyah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
1.11. Menerima fakta historis aliran Maturidiyah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
1.12. Menghayati perbedaan antara aliran-aliran ilmu kalam yang
satu dengan lainnya
2.5. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Hawarij
2.6. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran
Murji’ah
2.7. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran Syi’ah
2.8. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran
Jabariah dan Qodariayah
2.9. Menghindari penyimpangan dan pengaruh negatif aliran
Mu’tazilah
2.10. Meneladani aspek positif aliran As’ariyah
2.11. Meneladani aspek positif aliran Maturidiyah
2.12. Meneladani aspek positif perbedaan antara aliran-aliran
ilmu kalam yang satu dengan yang lainya dan menghindari aspek negatif
3.5.Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab aliran-aliran ilmu
kalam
3.6. Menganalisis aliran Hawarij, tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
3.7. Membandingkan fenomina ketauhidan pada masa Nabi Adam As
hinggan masa Nabi Muhammad Saw
3.8.Mengidentifikasikan bentuk penyimpanggan umat-umat terdahulu
dari dakwah para Nabi
3.9. Menganalisis perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw
3.10. Menganalisis perkembangan akida pada masa sahabat
3.11.Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab timbulnya
liran-aliran ilmu kalam
3.12. Menganilisis aliran Khawarij, tokoh-tokoh dan
doktrom-doktrimnya
3.13. Menganilisis aliran Murji’ah , tokoh-tokoh dan
doktrom-doktrimnya
4.5. Menyajikan peta konsep aliran Khawarij, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
4.6. Menyajikan peta konsep aliran Murji’ah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
4.7. Menyajikan peta konsep aliran Syi’ah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
4.8. Menyajikan peta konsep aliran Jabariah dan Qodariah,
tokoh-tokoh dan doktrim-doktrimnya
4.9. Menyajikan peta konsep aliran Mu’tazillah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
4.10. Menyajikan peta konsep aliran Asy’ariyah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
4.11. Menyajikan peta konsep aliran Maturidiyah, tokoh-tokoh dan
doktrim-doktrimnya
4.12. Menyajikan peta konsep antara aliran-aliran ilmu kalam yang
satu dengan yang lain
|
Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
|
Mengamati
· Peserta didik mengamatai penjelasan guru yang berkaitan aliran
dan doktrin aliran dalam ilmu kalam
· Peserta didik mengamati tengtang bagian-bagian doktrim aliran dalam ilmu kalam
Menanya
· Guru memitivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan doktrim aliran dalam ilmu kalam
· Peserta didik menangajukan pertanyaan yang berkaitan
bagian-bagian doktrim aliran dalam ilmu kalam
· Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan doktrim aliran
dalam ilmu kalam
Mengumpulkan Data
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan aliran dan doktrim
dalam ilmu kalam
· Peserta didik mendiskusikan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Mengasosiasi
· Peserta didik menganalisis nilai-nilai aliiran dan doktrim aliran
dalam ilmu kalam dan
mengamplikasikannya untuk masa yang akan datang
· Peserta didik menyimpulkan aliran dan doktrim aliran dalam ilmu
kalam dan mencerminkan sikap
meneladaninya
Menggonikasikan
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang aliran
dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
· Guru dan peserta didik bersama-sama menanggapi hasil diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menanggapi).
· Guru memberi penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta
didik terkait tentang materi yang di pelajari
· Peserta didik membuat resuman dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan bimbingan dan batuan dari guru
|
Tugas
·
Menelaah teks dari berbagai leteratur tentang Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
·
Membaca teks Aliran
dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Observasi
·
Peserta didik
secara berkelompok mendiskusiakan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengunaan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Portofolio
·
Membuat
laporan tentang Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Tes
·
Kemampuan
kognetif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku ilmu
kalam untuk madrasah aliyah kelas X
·
Multimedia
interaktif/CD interaktif/vidio
|
Mengetahui
...............................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Misran. S.Pd.I. Kholilrrohim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.
NIP: 19820606 200604
1020

CARA DOWNLOAD BGAMANA?
ReplyDeletelangsung di copy saja kk
ReplyDelete