Tuesday, 17 April 2018

RPP K13 pelajaran ilmu kalam















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MAN  MEMPAWAH
SEMESTER I
MATA PELAJARAN
ILMU KALAM






Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/I
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.    Kopetensi Inti
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.1.  Menganalisis prinsip-prinsip akidah Islam
3.2.  Mengidentifikasi metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati,menanya,mengekplorasi, mengasosiasi dan  engkomunikasikan,
siswa dapat:
1.    Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islam dengan benar,
2.    Menunjukkan rasa syukur dengan benar
3.    Memahami prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah Islam dengan benar
4.    Mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati keadaan    sekitar terkait dengan masalah akidah Islam dengan benar.
D.    Materi Pembelajaran
Prinsip dan Metode Peningkatan Kalitas Akidah Islam
E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan pembelajaran                         : Saintifik
2.      Strategi Pembelajaran                   : Kooperatif
3.      Metode Pembelajaran                   : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.     Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.    Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
1.    Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan prinsip-prinsip akidah Islam
2.    Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
Menanya
1.    Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang prinsip-prinsip akidah Islam
2.    Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
3.    Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan peningkatan kualitas akidah Islam
Mengumpulkan Data
1.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan prinsip-prinsip akidah Islam
2.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
Mengasosiasi
1.      Peserta didik menganlisis nilia-nilai prisnsip akidah islam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
3.      Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
1.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi prinsip-prinsip akidah Islam
2.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
3.    Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
4.    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
5.    Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
1.    Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
2.    Mengucapkan salam

G.    Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang prinsip-prinsip akidah Islam
·      Membaca teks tentang metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan prinsip-prinsip akidah Islam
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan metode-metode peningkatan kualitas akidah Islam
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas akidah islam
Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
H.    Contoh instrumen untuk penilain
a.    Pengertian akidah islam
b.    Dasar dan kedudukan akidah islam’
c.    Tujuan akidah islam
d.   Prinsip-prisnsip akidah islam
e.    Metode peningkatan kaliatas akidah islam
I.       Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio

























            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



            Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.




Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/I
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.    Kopetensi Inti
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.3.  Memahami pengertian tauhid dan istilah-istilah yang terkait
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi  dan mengko munikasikan,siswa dapat:
1.      Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islam dengan benar
2.      Menunjukkan rasa syukur dengan benar
3.      Memahami tauhid dalam ajaran Islam dengan benar
4.      Mencari informasi lanjutan  baik  melalui  membaca  sumber  lain,  mengamati keadaan  sekitar terkait dengan masalah tauhid dalam ajaran  Islam dengan
D.    Materi Pembelajaran
Tauhid dalam ajaran islam
E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
2.         Strategi Pembelajaran                  : Kooperatif
3.         Metode Pembelajaran                  : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.     Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
1.     Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.     Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan tauhid dalam ajaran islam
Menanya
1.      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Tauhid dalam ajaran islam
2.      Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Tauhid dalam ajaran islam
3.      Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan peningkatan Tauhid dalam ajaran islam
Mengumpulkan Data
1.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Tauhid dalam ajaran islam
2.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Tauhid dalam ajaran islam
Mengasosiasi
1.     Peserta didik menganlisis Tauhid dalam ajaran islam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
2.     Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari Tauhid dalam ajaran islam untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
1.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi Tauhid dalam ajaran islam
2.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi peningkatan Tauhid dalam ajaran islam
3.    Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
4.    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
5.    Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
A.  Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
B.  Mengucapkan salam

G.    Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang Tauhid Dalam Ajaran Islam
·      Membaca teks tentang peningkatan Tauhid Dalam Ajaran Islam
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Tauhid Dalam Ajaran Islam
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Tauhid Dalam Ajaran Islam
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas Tauhid Dalam Ajaran Islam
Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
H.    Contoh instrumen untuk penilain
a.    Pengertian Tauhid dan ilmu tauhid  
b.    Pokok pembahasan ilmu tauhid
c.    Tauhid sebagai inti pengalaman beragama
d.   Tauhid, tuhan manusia dan alam
e.    Makna tauhid dalam kehidupan
f.     Fungsi mempelajari imu tuhid
I.       Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio

























            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



            Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.





Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/I
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.    Kopetensi Inti
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.4.  Memahami pengertian, contoh dan dampak syirik terkait
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah  mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengko munikasikan, siswa dapat:
1.      Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islami dengan benar,
2.      Menunjukkan rasa syukur dengan benar,
3.      Memahami syirik dalam ajaran Islam dengan benar
4.      Mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati  keadaan  sekitar terkait dengan masalah syirik dalam ajaran Islam dengan benar
D.    Materi Pembelajaran
Syirik dalam ajaran islam
E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
2.         Strategi Pembelajaran                  : Kooperatif
3.         Metode Pembelajaran                  : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.     Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.    Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
1.    Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam.
Menanya
1.      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Syirik dalam ajaran islam.
2.      Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam.
3.      Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Mengumpulkan Data
1.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Syirik dalam ajaran islam.
2.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Mengasosiasi
1.      Peserta didik menganlisis Syirik dalam ajaran islam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
2.      Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari Syirik dalam ajaran islam untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
1.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi Syirik dalam ajaran islam.
2.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
3.      Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
4.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
5.      Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
C.  Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
D.  Mengucapkan salam

G.    Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang Syirik dalam ajaran islam.
·      Membaca teks tentang peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Syirik dalam ajaran islam.
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas Syirik dalam ajaran islam.
Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
H.    Contoh instrumen untuk penilain
a.    Pengertian Syirik
b.    Kasifikasi Syirik
c.    Sebab-sebab Perbuatan Syirik
d.   Bentuk Prilaku Syirik
e.    Akibat Prilaku Syirik
f.     Cara Menghindari Perbuatan Syirik
I.       Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio
























            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



            Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.





Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/I
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.    Kopetensi Inti
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.5.  Memahami pengertian, ruang lingkup dan kedudukan ilmu kalam dan kajian
Islam
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah  mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengko munikasikan, siswa dapat:
1.    Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islami dengan benar,
2.    Menunjukkan rasa syukur dengan benar,
3.    Memahami syirik dalam ajaran Islam dengan benar
4.    Mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati  keadaan  sekitar terkait dengan masalah syirik dalam ajaran Islam dengan benar
D.    Materi Pembelajaran
Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
2.         Strategi Pembelajaran                  : Kooperatif
3.         Metode Pembelajaran                  : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.     Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.    Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
Menanya
1.      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
2.      Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
3.      Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan peningkatan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
Mengumpulkan Data
1.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
2.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
Mengasosiasi
1.      Peserta didik menganlisis Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
2.      Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
1.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam.
2.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi peningkatan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
3.      Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
4.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
5.      Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
A.  Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
B.  Mengucapkan salam

G.    Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
·      Membaca teks tentang peningkatan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam.
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam.
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas Ilmu Kalam Dalam Ajaran Islam.
Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
H.    Contoh instrumen untuk penilain
a.    Pengertian ilmu kalam  
b.    Nama-nama ilmu kalam dan sebab penamaannya
c.    Ruang lingkup ilmu kalam
d.   Peranan dalil dalam ilmu kalam
e.    Fungsi ilmu kalam
f.     Hubunggan ilmu kalam dengan ilmu lain
g.      Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio
























            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



            Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.




Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/I
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

J.      Kopetensi Inti
4.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
K.    Kompetensi Dasar
3.4.  Memahami pengertian, contoh dan dampak syirik terkait
L.     Tujuan Pembelajaran
Setelah  mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengko munikasikan, siswa dapat:
5.      Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islami dengan benar,
6.      Menunjukkan rasa syukur dengan benar,
7.      Memahami syirik dalam ajaran Islam dengan benar
8.      Mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati  keadaan  sekitar terkait dengan masalah syirik dalam ajaran Islam dengan benar
M.   Materi Pembelajaran
Syirik dalam ajaran islam
N.    Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
4.         Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
5.         Strategi Pembelajaran                  : Kooperatif
6.         Metode Pembelajaran                  : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
O.    Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
3.    Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
4.    Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
2.    Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam.
Menanya
4.      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Syirik dalam ajaran islam.
5.      Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Syirik dalam ajaran islam.
6.      Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Mengumpulkan Data
3.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Syirik dalam ajaran islam.
4.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Mengasosiasi
4.      Peserta didik menganlisis Syirik dalam ajaran islam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
5.      Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari Syirik dalam ajaran islam untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
6.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi Syirik dalam ajaran islam.
7.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
8.      Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
9.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
10.  Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
E.   Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
F.   Mengucapkan salam

P.     Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang Syirik dalam ajaran islam.
·      Membaca teks tentang peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Syirik dalam ajaran islam.
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Syirik dalam ajaran islam.
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas Syirik dalam ajaran islam.
Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
Q.    Contoh instrumen untuk penilain
g.    Pengertian Syirik
h.    Kasifikasi Syirik
i.      Sebab-sebab Perbuatan Syirik
j.      Bentuk Prilaku Syirik
k.    Akibat Prilaku Syirik
l.      Cara Menghindari Perbuatan Syirik
R.    Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio
























            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



            Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.





Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/II
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.    Kopetensi Inti
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.2.  Mengidentifikasi  bentuk penyimpangan umat-umat terdahulu dari dakwah para Nabi
3.3.  Menganalisis perkembangan akidah pada masa Nabi Muhammad Saw.
3.4.  Menganalisis perkembangan akidah pada masa sahabat.
3.5.  Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah  mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengko munikasikan, siswa dapat:
1.    Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islami dengan benar,
2.    Menunjukkan rasa syukur dengan benar,
3.    Memahami syirik dalam ajaran Islam dengan benar
4.    Mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati  keadaan sekitar terkait dengan masalah syirik dalam ajaran Islam dengan benar
D.    Materi Pembelajaran
Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
2.         Strategi Pembelajaran                  : Kooperatif
3.         Metode Pembelajaran                  : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.     Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.    Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
2.       Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
Menanya
1.      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
2.      Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
3.      Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan peningkatan sejarah perkembangan ilmu kalam
Mengumpulkan Data
1.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
2.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
Mengasosiasi
1.     Peserta didik menganlisis Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
2.     Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
1.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
2.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi peningkatan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
3.      Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
4.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
5.      Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
A.    Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
B.     Mengucapkan salam

G.    Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
·      Membaca teks tentang peningkatan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam
·      Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
H.    Contoh instrumen untuk penilain
a.    Penyimpangan akidah ummat islam terdahulu
b.   Akidah pada masa Nabi Muhammad SAW
c.    Akidah pada masa sahabat
d.   Sejarah perkembangan ilmu kalam
e.    Faktor-faktor timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
I.       Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio





















            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



            Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.
            NIP: 19820606 200604 1020





Materi pembelajaran    : Ilmu kalam
Satuan pendidikan      : MAN  Mempawah
Kelas/Smester             : X/II
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.    Kopetensi Inti
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan homaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakad dan mninatnya untuk memecahkan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.14. Menganalisis aliran Khawarij, tokoh-tokoh dan doktrin-doktrinnya
3.15. Menganalisis aliran Murji’ah, tokoh-tokoh dan doktrin-doktrinnya
3.16. Menganalisis aliran Syi’ah, tokoh-tokoh dan doktrin-doktrinnya
3.17. Menganalisis aliran Jabariyah dan Qadariyah, tokoh-tokoh serta doktrin-Doktrinnya
3.18. Menganalisis aliran Mu’tazilah, tokoh-tokoh dan doktrin-doktrinnya
3.19. Menganalisis aliran Asy’ariyah, tokoh-tokoh dan doktrin-doktrinnya
3.20. Menganalisis aliran Maturidiyah, tokoh-tokoh dan doktrin- doktrinnya
3.21. Menganalisis perbedaan antara aliran-aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat:
1.      Menunjukkan keyakinan akan kebenaran akidah Islami dengan benar
2.      Menunjukkan rasa syukur, aliran dan doktrin aliran dalam ilmu kalam dengan  benar
3.      Mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati keadaan sekitar terkait dengan masalah aliran dan doktrin aliran dalam ilmu kalam dengan benar
D.    Materi Pembelajaran
Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
E.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
2.         Strategi Pembelajaran                  : Kooperatif
3.         Metode Pembelajaran                  : Demonstarisi, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.     Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.    Menyampaikan materi yang akan di pelajari dan tujuan mempelajari materi tersebut
Inti
Mengamati
1.    Peserta didik mengamati gambar atau tek yang berkaitan dengan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Menanya
1.    Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
2.    Peserta didik mengajukan pertanya yang berkaitan dengan keberhasilan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Mengumpulkan Data
1.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
2.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Mengasosiasi
1.      Peserta didik menganlisis Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam untuk dijadikan pedoman pada masa sekarang atau masa yang akan datang
2.      Peserta didik memetakan hal yang dapat di ambil dari Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam  untuk di terpakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang
Mengomonikasikan
1.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
2.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi peningkatan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
3.      Guru dan peserta didik secara bersama-sama menaggapi hasil hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyangah)
4.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kepada peserta didik terkaitan tentang materi yang akan di sampaikan
5.      Peserta didik membuat resuman dan kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan dengan bimbingan dan bantuan dari Guru
Penutup
A.    Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar
B.     Mengucapkan salam

G.    Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·      Membaca teks tentang Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
·      Membaca teks tentang peningkatan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Observasi
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
·      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan peningkatan Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Portofolio
·      Membuat laporan tentang keberhasilan peningkatan kualitas Aliran dan doktrim aliran dalam ilmu kalam
Tes
·      Kemampuan kognetif dengan bentuk sosl-soal pilihan ganda
H.    Contoh instrumen untuk penilain
a.       Alirah Hawarij
b.      Aliran Murji’ah
c.       Aliran Syi’ah
d.      Aliran Jabariyah
e.       Aliran Qodariyah
f.       Aliran Mu’tazillah
g.      Aliran ahlu sunnah wal jama’ah
h.      Perbandingan pemikiran aliran kalam
I.       Sumber Belajar
·      Buku ilmu kalam untuk Madrasah Aliyah X
·      Hadis dan al-qur’an
·      Multimedia Interaktif/CD Interaktif/Vidio















            Mengetahui                                                                 ......./........2017
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



Misran. S.Pd.I.                                                            Kholilrrahim. S.Pdi. S.Sy. M.Pd.
            NIP: 19820606 200604 1020

No comments:

Post a Comment