Thursday, 2 December 2021

SILABUS BAHASA INGGRIS KELAS X

 

Silabus

Satuan Pendidikan             : MAN 1 Mempawah

Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                 : XI/1

 

Kompetensi Inti

1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.     Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (gotong  royong,  kerjasama,  toleran,  damai),   santun, responsif  dan  pro-aktif   dan  menunjukan  sikap  sebagai  bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara  efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.     Memahami,  menerapkan,  menganalisis  pengetahuan  faktual,  konseptual,  prosedural  dan  metakognitif   berdasarkan  rasa  ingin  tahunya tentang  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni,  budaya,  dan  humaniora  dengan  wawasan  kemanusiaan,   kebangsaan,  kenegaraan,  dan peradaban  terkait  penyebab  fenomena  dan  kejadian,  serta  menerapkan  pengetahuan  prosedural  pada  bidang  kajian  yang  spesifik  .se suaidengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.

 

Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal.

 

 

2.1.  Menunjukkanperilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonaldengan guru dan teman.

2.2.  Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3.  Menunjukkanperilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

 

 

 

 

 

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can).

4.1    Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya.

 

Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

 

Struktur text

Gamal: Why don’t you talk to your parents. You should let them know. I think they will understand.

Siti: I don’t know. But I’m afraid they will be angry with me.

Gamal: I don’t think so. Just go.

Evi: He will go out from the class at 10. You can wait for him in my room.

Johan: Thanks alot. But I’d better go to bank first, and then I’ll go back

Evi: Okay. I’ll tell him that you came.

 

Unsur kebahasaan

(1)   Kosa kata terkait dengan kesehatan, tugas sekolah, kebersihan lingkungan, dan sebagainya.

(2)   Tata bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.

(3)   Kata kerja bantu modal should, have to, can, will, dan sebagainya.

(4)   Ungkapan I think, I know.

(5)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal.

(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi

(7)   Ejaan dan tanda baca.

(8)   Tulisan tangan

 

Topik

Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dan sebagainya tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas.

Mangamati

·         Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

·         Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

Menanya

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan, dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dan sebagainya.

Mengumpulkan Informasi

·         Mendengarkan dan menyaksikan banyak contohinteraksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnyadalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dan sebagainya.

·         Menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnyadalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memberi saran dan tawaran serta responnya.

·         Secara kolaboratif, berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Menalar/Mengasosiasi

·         Membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.

·         Membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumbersumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.

·         Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengomunikasikan

·         Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi saran dan tawaran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

·         Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

·         Membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia

 

·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial memberi saran dan tawaran, serta responnya.

·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan untuk memberi saran dan tawaran, serta responnya.

·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.

·         Sikap santun, peduli, percaya diri dan cinta damai yang menyertai ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya.

 

Sikap

·         Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran ketika muncul kesempatan didalam dan di luar kelas.

·         Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

·         Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Pengetahuan

·         Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan memberi saran dan tawaran, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Keterampilan

·         Simulasi dan/atau bermain peran (role play) untuk memberi saran dan tawaran, serta responnya.

6  JP

·         Buku teks wajib.

·         Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat

·         Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset

·         Contoh interaksi tertulis

·         Contoh teks tertulis

·         Sumber dari internet, seperti:

- www.dailyenglish.com

- http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files

- http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

3.2    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)

4.2    Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya.

 

Fungsi sosial

Menjaga hubungan

interpersonal dengan guru, teman, dan orang

lain

 

Struktur teks

Yuli: I think Rina’s answer to the question is not right. It should be ‘vinegar’.

Vivi: I think it is ‘vinegar’ too, not ‘wine’.

Yani: In my opinion, our volleyball team needs a new coach. Mr. Zulfan cannot handle too many teams himself.

Firda: I agree with you.

Rahmat: Our English should be more active, I suppose. Why don’t we meet three times a week?

Rully: I agree, but after the final exam. Now we are very busy preparing for it.

 

Unsur kebahasaan

(1)   Kosa kata terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler, tugas sekolah, kebersihan lingkungan, dan sebagainya.

(2)   Tata bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.

(3)   Ungkapan: I think... I suppose… In my opinion…, agree, diasagree, dan sebagainya.

(4)   Kata kerja bantu modal: need, should, will, dan sebagainya.

(5)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal

(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi

(7)   Ejaan dan tanda baca

(8)   Tulisan tangan

 

Topik

Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dan sebagainya tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di

umah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas.

Mengamati

·         Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

·         Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut denganmenyatakan pendapat dan pikiran serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

Menanya

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinanmenggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dan sebagainya.

Mengumpulkan Informasi

·         Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dan sebagainya.

·         Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya.

·         Secara kolaboratif, berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Menalar/Mengasosiasi

·         Membandingkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.

·         Membandingkan ungkapan menyata­kan pendapat dan pikiran serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumbersumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.

·         Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengomunikasikan

·         Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

·         Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tandabaca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

·         Membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

·         Membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan

·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyatakan pendapat dan pikiran, serta responnya.

·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan untuk menyatakan pendapat dan pikiran, serta responnya.

·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.

·         Sikap santun, peduli, percaya diri dan cinta damai yang menyertai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, serta responnya.

 

Sikap

·         Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.

·         Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

·         Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Pengetahuan

·         Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan menyatakan pendapat dan pikiran, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Keterampilan

·         Simulasi dan/atau bermain peran (role play) untuk menyatakan pendapat dan pikiran, serta responnya.

6 JP

·         Buku teks wajib.

·         Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat

·         Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset

·         Contoh interaksi tertulis

·         Contoh teks tertulis

·         Sumber dari internet, seperti:

- www.dailyenglish.com

- http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files

- http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

3.3    Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3    Teks undangan resmi.

4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja.

4.3.2    Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

Teks tulis berbentuk undangan resmi

 

Fungsi sosial

Menjalin hubungan interpersonal dalam konteks formal.

 

Struktur text

(gagasan utama dan informasi rinci)

·         Menyebutkan tujuan undangan.

·         Menyebutkan informasi rinci undangan.

 

Unsur kebahasaan

(1)   Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam undangan resmi.

(2)   Penggunaannominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal

(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi

(4)   Ejaan dan tanda baca

(5)   Tulisan tangan

 

Topik

Kegiatan dan acara formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerja sama dan bertanggung jawab

 

Multimedia

Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

Mengamati

·         Mencari undangan resmi, termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia.

·         Mengumpulkan gambar dan foto undangan resmi dari berbagai sumber termasuk internet, buku teks, dan sebagainya.

·         Memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi undangan resmi, ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dan sebagainya.

Menanya

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara undangan resmi dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dan sebagainya.

Mengumpulkan Informasi

·         Membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari undangan resmi.

·         Membaca secara lebih cermat semua undangan resmi yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.

·         Secara kolaboratif meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat undangan resmi untuk fungsi nyata di lingkungan kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.

Menalar/Mengasosiasi

·         Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai undangan resmi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.

·         Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai undangan resmi yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.

·         Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengomunikasikan

·         Membuat lebih banyak undangan resmi dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.

·         Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

·         Membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat undangan resmi dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial undangan resmi.

·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan undangan resmi.

·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.

·         Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan memahami dan membuat undangan resmi.

 

CARA PENILAIAN

·         Kinerja (praktik)

·         Tugas menganalisis, menyunting, dan membuat undangan resmi untuk fungsi nyata.

 

Sikap

·         Observasi terhadap tindakan siswa memahami, menyunting, dan menghasilkan undangan resmi sesuai fungsi sosialnya, di dalam dan di luar kelas.

·         Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

·         Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Pengetahuan

·         Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami, menyunting, dan membuat undangan resmi, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Keterampilan

Portofolio

·         Kumpulan karya berbagai undangan resmi yang telah dibuat.

·         Kumpulan hasil suntingan beberapa undangan resmi yang dibuat sendiri atau temannya.

·         Kumpulan hasil analisis tentang beberapa berbagai undangan resmi.

6 JP

·         Buku teks wajib.

·         Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat

·         Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset

·         Contoh interaksi tertulis

·         Contoh teks tertulis

·         Sumber dari internet, seperti:

- www.dailyenglish.com

- http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files

- http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4   Teks eksposisi analitis

4.4.1   Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis lisan dan tulis, terkait isu actual

4.4.2  Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

Teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum

 

Fungsi sosial

·         Menyatakan pendapat tentang berbagai topik secara analitis dan bertanggung jawab

 

Struktur text (gagasan utama dan informasi rinci)

a.     Menyebutkan topik serta pandangan atau posisi penulis tentang topik tersebut secara umum.

b.     Menyebutkan serangkaian argumentasi, secara analitis yang masing-masing diawali dengan pernyataan pendukung dan penjelasannya.

c.     Menyimpulkan dengan menyebutkan kembali pandangan dan posisinya.

 

Unsur kebahasaan

(1)   Kosa kata terkait dengan topik yang dibahas

(2)   Tata bahasa terkait dengan penyusunan argumentasi a.l. Simple Present Tense, kata kerja be, have, dan kata sambung seperti first, similarly, finally, dan sebagainya

(3)   Penggunaan nominal singular dan plural secra tepat atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal

(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi

(5)   Ejaan dan tanda baca

(6)   Tulis tangan

 

Topik

Institusi, benda, binatang dan ge­jala/ peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XI dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerja sama, dan bertanggung jawab.

 

  Mengamati

·         Menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum dari berbagai sumber dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar.

·         Membaca dan mendengarkan teks eksposisi analitis tersebut untuk memahami isi pesannya.

·         Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci) dari teks eksposisi analitis tersebut.

Menanya

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks eksposisi analitis tersebut.

Mengumpulkan Informasi

·         Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks eksposisi analitis dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dan sebagainya.

·         Membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.

·         Membaca semua teks eksposisi analitis yang telah terkumpul tersebut, secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:

-       fungsi sosial setiap teks

-       jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan

-       nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat 

-       kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan

Menalar/Mengasosiasi

·         Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks eksposisi analitis yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.

·         Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi analitis yang mereka baca.

Mengomunikasikan

·         Menyampaikan beberapa teks eksposisi analitis sederhana yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi teks eksposisi analitis, dan sebagainya.

·         Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

·         Membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami teks eksposisi analitis dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

·        Tingkat pemahaman fungsi sosial teks teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

·        Tingkat kelengkapan dan keruntutan pemahaman isi pesan teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

·        Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, kerapihan tulisan tangan.

·        Sikap tanggung jawab, kerja sama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan memahami isi pesan teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

Sikap:

·        Observasi terhadap tindakan siswa berusaha memahami dan menganalisis isi pesan teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

·        Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

 

Pengetahuan:

·        Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menganalisis teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

·        Membaca teks yang menuntut pemahaman tentang teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

·        Menganalisis isi pesan teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

 

Keterampilan:

Portofolio

·        Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum yang telah dibuat.

·        Lembar soal dan hasil tes

 

8 JP

·         Buku teks wajib.

·         Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat

·         Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset

·         Contoh interaksi tertulis

·         Contoh teks tertulis

·         Sumber dari internet, seperti:

- www.dailyenglish.com

- http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files

- http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice).

4.5 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa selalu perlu menyebutkan nama pelakunya.

 

Fungsi sosial

Menyatakan secara objektif, terfokus pada hasilnya atau bendanya, bukan pelakunya.

 

Struktur text

(gagasan utama dan informasi rinci)

·         Menyebutkan tujuan.

·         Menyebutkan informasi rinci surat.

 

Unsur kebahasaan

(1)    Tata bahasa passive voice, simple present tense, simple past tense.

(2)    Kata by

(3)    Kosa kata: benda-benda yang terkait dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan siswa sebagai remaja

(4)    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal 

(5)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca.

(6)    Ejaan dan tanda baca.

(7)    Tulisan tangan.

 

Topik

·         Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, kejadian, peristiwa yang penting dan relevan dengan siswa SMA yang memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, pe­duli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

 

Mengamati

·         Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dalam bahasa Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

·         Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dalam bahasa Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

Menanya

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan memper­tanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menye­butkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika menyebutkan pelakunya, dan sebagainya.

 

Mengumpulkan Informasi

·         Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam konteks yang benar dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dan sebagainya.

·         Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam konteks yang benar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam konteks yang benar.

·         Secara kolaboratif, berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan me­nanyakan tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Menalar/Mengasosiasi

·         Membandingkan ungkapan me­nyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya yang telah dikumpulkan dari berbagaisumber tersebut di atas.

·         Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain. 

·         Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengomunikasikan

·         Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

·         Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

·         Membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/  kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia

 

·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan tindakan/  kegiatan/kejadian tanpa perlu men­ye­butkan pelakunya.

·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya.

·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.

·         Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai itndakan menyebutkan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya.

Sikap:

Observasi

·         Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu me­nye­butkan pelakunya, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.

·         Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

·         Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

·         Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas

Pengetahuan:

·         Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

·         Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya.

Keterampilan:

·         Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya.

 

6 JP

·         Buku teks wajib.

·         Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat

·         Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset

·         Contoh interaksi tertulis

·         Contoh teks tertulis

·         Sumber dari internet, seperti:

- www.dailyenglish.com

- http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files

- http://learnenglish.britishcouncil.org/en/

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                         Mempawah, 16 Juli  2019

Kepala Madrasah                                                                                                           Guru Bahasa Inggris

 

 

 

Misran, S. Pd. I                                                                                                   Neni Windyarti, S. Pd

NIP. 198206062006041020                                                                                 NIP. 198412152009122009

 

 

No comments:

Post a Comment