Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK PERKULIAHAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH USUL FIQIH

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Ushul Fiqih

 Jurusan/Prodi                                : Hukum Ekonomi Syari’ah

  Kode Mata Kuliah                         : STA 205

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : III/Ganjil  

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Ushul Fiqih di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Ushul Fiqih sebagai hukum yang terkelompok dalam hukum dasar.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 4 Lantai 2.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Kamis, 13.00 WIB - 14.40 WIB

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Ushul Fiqhi.

-          Menyusun pengertian dari Ushul Fiqih  menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Hukum Islam Yang Berlandasar Usul Fiqih yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Ushul Fiqih.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 16 September  2019

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                            Dosen Pengampu,

 

 

 

 

             ( Muhammad Wafir)                             KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                             NIDN.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :   Ushul Fiqih

Jurusan/Prodi                                                       :  Hukum Ekonomi Syari’ah

Kode Mata Kuliah                                                 :    STA 205

Bobot SKS                                                              :    2 SKS

Semester                                                               :    III/Ganjil

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek hukum islam dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Ushul Fiqih (UF)  sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Ushul Fiqih

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Pengertian Usuhul Fiqih

 

1.     Pengertian Ushul Fiqih

2.     Objek Ushul Fiqih

3.     Tujuan dan Ruang Lingkup Ushul Fiqih

4.     Perbedaan Ushul Fiqih dan fiqih

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Ushul Fiqih

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Pengertian Ushul Fiqih

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Sejarah Perkembangan Ushul Fiqih

 

1.     Pertumbuhan Hukum Islam

2.     Perkembangan Ushul Fiqih

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Memahami Pertumbuhan Hukum Islam

2.     Menjelaskan Perkembangan Ushul Fiqih

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Pertumbuhan Hukum Islam dan Perkembangan Ushul Fiqih.

Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Hukum Islam dan Perkembangan Ushul Fiqih.

 

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Sumber Hukum Islam

 

 

 

 

 

1.     Al-Qur’an Sumber Hukum Pertama

2.     As-Sunnah Sumber Hukum Islam Kedua

3.     Ijma’ Sumber Hukum Islam Ketiga

4.     Qiyas sumber Hukum Islam Keempat

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Sumber Hukum Islam supaya mudah dipahami dan dingat oleh mahasiswa

 

Lisan :

Menjelaskan Sumber Hukum Islam

 

Tertulis :

Membuat permumusan Sumber Hukum Islam hingga mudah diingat

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa mampu menjelaskan Metode ijtihat

 

.

1.    Pengertian Ijtihat

2.    Macam-macam Metode Ijtihat

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Pengertian Ijtihat

2.     Menjelaskan Macam-macam Ijtihat

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Metode Ijtihat

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Macam-macam Ijtihat

 

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Kaidah-kaidah Usuliyah

 

 

 

 

.

 

1.     Pengertian Kiadah Usuliyah

2.     Jenis kaidah Usuliyah

 

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang Kidah Usuliyah.

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Kaidah Usuliyah

2. Melakukan pengkajian Tentang Jenis Kiadah Usuliyah

 

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Kiah Usuliyah

 

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Ta’arudh Al-Adillah Dan Cara Penyelesaiannya

 

 

 

1.     Pengertian Ta’arudh Al-Adillah

2.     Solusi  Ta’arudh Al-Adillah

 

 

 

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

4.      Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Menjelaskan Pengertian Ta’arudh Al-Adillah

2.     Mengidentifikasikan Solusi  Ta’arudh Al-Adillah

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Ta’arudh Al-Adillah  dan Solusinya

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Qaidah Fiqhiyah I

1.       Pengertian Qaidah Fiqhiyah

2.       Macam-macam Qaidah Fiqhiyah Lafazh dan Dilalahnya

3.      Dilalah Al-Amr

Mahasiswa:

5.      Instruksi Langsung

6.      Diskusi dan Tanya Jawab

7.      Pemahaman

8.      Penugasan

 

Dosen:

5.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

6.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

7.     Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan Pengertian Qaidah Fiqhiyah

2.       Mengidentifikasikan Macam-macam Qaidah Fiqhiyah Lafazh dan Dilalahnya

3.       Serta Dilalah Al-Amr

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Qaidah Fiqhiyah I

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  perkuliahan Ushul Fiqih mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Qidah Fiqhiyah II

1.     Kaidah-Kaiah Lain Dari Al-Amr

2.     An-Nuhyu dan Dilalahnya

3.     Masa Berlakunya Larangan

 

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Qaidah Fiqhiyah III

1.     Muthlaq dan Muqayyad

2.     Mujmal dan Mubayyan

3.    Pengertian Muradil dan Musytarak

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Penugasan  Lapangan

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Hukum Islam Dan Semua Unsur-Unsurnya

 

1.     Konsep al-Ahkam

2.     Konsep Al-Hakim

3.     Konsep Mahkum Fih dan Mahkum Bih

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh serta Hukum Islam Dan Semua Unsur-Unsurnya

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Hukum Islam Dan Semua Unsur-Unsurnya

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Taqlid

1.  Pengertian Taqlid

2.  Hukum Ber Taqlid

3. Ketentuan Ber Taqlid

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Taqlid

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  pemahaman tentang Taqlid

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Mazhab

1.    Pengertian Mazhab

2.    Beramal Dengan Fatwah Seorang Mufti

3.   Mengikuti (Fatwa) Seorang Mufti

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan Mazhab

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  Mazhab

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Ifta’

 

1.       Pengertian dan Ketentuan Ifta’

2.       Mufti

3.       Mustafti

4.       Fatwa

5.       Berfatwa

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Ifta’

 

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tentang Ifta’

 

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Ushul Fiqhi mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

REFERENSI

1.     Boedi Abdulla ( 2009 ), Ilmu Ushul Fiqh, Bandung, Pustaka Setia.

2.      Prof. Dr. H. Amir Syarifuddin  (2008)Ushul Fiqh  Jakarta, Kencana

 

 

 

 

 

 

 Mempawah, 16 September 2019  

                                      Mengetahui,                                                                                                                                          Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah

 

 

                            

                         Sri Wahyuni, S.H.I, M.Sy.                                                                                     KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd                            ad Fathan

ad Fathan

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment