Sunday, 28 November 2021

Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran BAHASA ARAB

 

Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran

MATA PELAJARAN BAHASA ARAB

Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu

SEMESTER GANJIL

MAN I MEMPAWAH

KELAS X (DUABELAS)

 

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran / Topik / Subtopik

KI 3:   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4:    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

3.1.  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: البَيَانَاتُ الشَّخْصِيَّةُ baik secara lisan maupun tulis.

3.1.1.      Menyimak Dan memahami tentang  البَيَانَاتُ الشَّخْصِيَّةُ

3.1.2.      Mengidentifikasi kaiadah-kaidah isim nakiroh dan mma’riat

3.1.3.      Mengidentifikikasi tentan isim nakiroh

3.1.4.      Mengidentifikasi tentang isim ma’rifat

3.1.5.      Menyusun bagian-bagian isim ma’rifat

البَيَانَاتُ الشَّخْصِيَّةُ

4.1.  Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik: البَيَانَاتُ الشَّخْصِيَّةُ dengan memperhatikan  unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

4.1.1.      Memahami percakapan tentang perkenalan

4.1.2.      Memahami teladan menjaga hawa nafsu

 

3.2. Melafazkan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: الْحَيَاةُ فِي اْلأُسْرَةِ وَفِي السَّكَنِ

3.3.1.     Menyimak tentang frase atau kalaimat jumlah ismiah alam bahaa arab

3.3.2.     Bisa membeakan Frase mubtadek’

3.3.3.     Bisa membeakan Frase Khober

 

الْحَيَاةُ فِي اْلأُسْرَةِ وَفِي السَّكَنِ

4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang: الْحَيَاةُ فِي اْلأُسْرَةِ وَفِي السَّكَنِ dengan memperhatikan  unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

 

 

 

 

 

 

4.4.1.         Menyimak tentang perbicanga keluarga

4.4.2.     Menyimak tentang في سكن الطلاب

4.4.3.     Mengahayati tentang الاسرة بين الماضي والحاضر

 

 

 

3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya dari teks terkait topik: اَلْمَرَافِقُ الْعَامَّةُ فيِ الْمَدْرَسَةِ yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.4.1.         Memahami kalimat tentang مو قع المكتبة  

3.4.2.      Memahami kalimat tentang مدرسة متفوقة

3.4.3.      Memahami kalimat tentang المرافق العامة في المدرسة

اَلْمَرَافِقُ الْعَامَّةُ فيِ الْمَدْرَسَةِ

4.4.     Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik: اَلْمَرَافِقُ الْعَامَّةُ فيِ الْمَدْرَسَةِ dengan memperhatikan  unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

4.4.1.         MeMemahami penyusunan teks kalimat dari Mubtade dan Khober

4.4.2.      Memahami tentang pengertian mubtade

4.4.3.      Memahami tentang pengertian khober

Mengetahui                                                                                                                     Mempawah....../.......2019

Kepala MAN 1 Mempawah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

 

Misran, S.Pd.i.                                                                                                      Sahuri, S.H.I.

NIP. '19820606 200604 1020

No comments:

Post a Comment