SILABUS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI (MATERI MASUKDAN BERKEMBANGNYAPENGARUHISLAM DIINDONESIA DAN KERAJAAN-KERAJAANBERCORAK MARITIMPADAMASAISLAM)
Tujuankurikulummencakupempatkompetensi, yaitu (1)kompetensisikap spiritual, (2) sikapsosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.Kompetensitersebutdicapaimelalui proses pembelajaranintrakurikuler, kokurikuler, dan/atauekstrakurikuler.
RumusanKompetensiSikap Spiritual adalah “Menghayatidanmengamalkanajaran agamayangdianutnya”.AdapunrumusanKompetensiSikapSosialadalah “Menunjukkanperilakujujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai),santun,responsif,danpro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertamenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia”.Keduakompetensitersebutdicapaimelaluipembelajarantidaklangsung(indirect teaching),yaituketeladanan,pembiasaan,danbudayasekolah, denganmemperhatikankarakteristikmatapelajaransertakebutuhandankondisisiswa.
Penumbuhandanpengembangankompetensisikapdilakukansepanjang proses pembelajaranberlangsung, dandapatdigunakansebagaipertimbangan gurudalammengembangkankaraktersiswalebihlanjut.
KompetensiPengetahuandanKompetensiKeterampilandirumuskansebagaiberikut, yaitusiswamampu:
|
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN) |
|
3. memahami,menerapkan, menganalisisdanmengevaluasipengetahuanfaktual,konseptual, prosedural,danmetakognitifberdasarkanrasaingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi,seni,budaya,danhumanioradenganwawasankemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajianyang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah |
4. mengolah,menalar,menyaji,danmenciptadalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinyadi sekolahsecaramandirisertabertindaksecaraefektifdankreatif,danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan |
|
KOMPETENSIDASAR |
KOMPETENSIDASAR |
|
3.2Menganalisiskerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaIslam dalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakini |
3.2Kerajaan-KerajaanBercorakMaritimPadaMasaIslam
3.1.1 Mendeskripsikan pengertian Kerajaan maritin pada masa islamdi indonesia 3.1.2 Mendeskripsikan pengertian kehidupan manusia pada masa pada masa islam di indonesia. |
|
|
3.1.3 Menganalisis keterkaitankonsepmanusiahiduppada masa kerajaan maritin islam di indonesia
|
|
4.2Menyajikanhasilanalisistentangkerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaIslamdalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakinidalambentuktulisanataumedia lain |
4.2Kerajaan-KerajaanBercorakMaritimPadaMasaIslam
4.1.1 Membuat kesimpulan hasil kajian dalam bentuk tulisan tentang analisis keterkaitan konsep kehidupan manusia masa kerajaan maritin pada masa islam di indonesia |
Mengetahui Mempawah 19 Agustus 2020
Kepala MAN 1 Mempawah Guru Mata Pelajaran
Misran, S.Pd.i. Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.
NIP. '19820606 200604 1020
No comments:
Post a Comment