Sunday, 28 November 2021

SILABUS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI (MATERI MASUKDAN BERKEMBANGNYAPENGARUHISLAM DIINDONESIA DAN KERAJAAN-KERAJAANBERCORAK MARITIMPADAMASAISLAM)

 

SILABUS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI (MATERI MASUKDAN BERKEMBANGNYAPENGARUHISLAM DIINDONESIA DAN KERAJAAN-KERAJAANBERCORAK MARITIMPADAMASAISLAM)

 

Tujuankurikulummencakupempatkompetensi, yaitu (1)kompetensisikap spiritual, (2) sikapsosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.Kompetensitersebutdicapaimelalui proses pembelajaranintrakurikuler, kokurikuler, dan/atauekstrakurikuler.

 

RumusanKompetensiSikap Spiritual adalah “Menghayatidanmengamalkanajaran agamayangdianutnya”.AdapunrumusanKompetensiSikapSosialadalah “Menunjukkanperilakujujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai),santun,responsif,danpro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertamenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia”.Keduakompetensitersebutdicapaimelaluipembelajarantidaklangsung(indirect teaching),yaituketeladanan,pembiasaan,danbudayasekolah, denganmemperhatikankarakteristikmatapelajaransertakebutuhandankondisisiswa.

 

Penumbuhandanpengembangankompetensisikapdilakukansepanjang proses pembelajaranberlangsung, dandapatdigunakansebagaipertimbangan gurudalammengembangkankaraktersiswalebihlanjut.

 

KompetensiPengetahuandanKompetensiKeterampilandirumuskansebagaiberikut, yaitusiswamampu:

 

 

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)

 

KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

 

3.      memahami,menerapkan, menganalisisdanmengevaluasipengetahuanfaktual,konseptual, prosedural,danmetakognitifberdasarkanrasaingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi,seni,budaya,danhumanioradenganwawasankemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajianyang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

 

4.         mengolah,menalar,menyaji,danmenciptadalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinyadi sekolahsecaramandirisertabertindaksecaraefektifdankreatif,danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan

 

KOMPETENSIDASAR

 

KOMPETENSIDASAR

 

3.2Menganalisiskerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaIslam dalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakini

 

3.2Kerajaan-KerajaanBercorakMaritimPadaMasaIslam

 

3.1.1   Mendeskripsikan           pengertian Kerajaan maritin pada masa islamdi indonesia

3.1.2   Mendeskripsikan           pengertian kehidupan  manusia pada masa pada masa islam di indonesia.

 

 

 


 

 

 

3.1.3  Menganalisis         keterkaitankonsepmanusiahiduppada masa kerajaan maritin islam di indonesia

 

 

4.2Menyajikanhasilanalisistentangkerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaIslamdalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakinidalambentuktulisanataumedia lain

 

4.2Kerajaan-KerajaanBercorakMaritimPadaMasaIslam

 

4.1.1 Membuat kesimpulan hasil  kajian dalam bentuk tulisan tentang analisis keterkaitan konsep kehidupan manusia masa kerajaan maritin pada masa islam di indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                             Mempawah 19 Agustus 2020

            Kepala MAN 1 Mempawah                                                    Guru Mata Pelajaran

 

 

Misran, S.Pd.i.                                                                                    Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.

NIP. '19820606 200604 1020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment