Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK PERKULIAHAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH AHLAQ TASAWUF

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Akhlaq Tasawuf

 Jurusan/Prodi                                : Tadris Bahasa Inggris

  Kode Mata Kuliah                         : TAR 202

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : I/Ganjil  

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Akhlaq Tasawuf di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Tujuan Akhlaq Tasawuf di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Akhlaq Tasawuf santar Pendidikan di indonisia.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 1 Lantai 3.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Selasa, 07.30 WIB - 09.10 WIB

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Akhlaq Tasawuf.

-          Menyusun pengertian dari Akhlaq Tasawuf menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Tujuan Akhlaq Tasawuf Yang Berlandasar Akhlaq Tasawuf yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  oleh ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Akhlaq Tasawuf.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 14 September  2020

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                            Dosen Pengampu,

 

 

 

 

              (.............)                                               KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                            NIDN. 2122109202      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :   Akhlaq Tasawuf

Jurusan/Prodi                                                       :  Tadris Bahasa Inggris

Kode Mata Kuliah                                                 :    TAR 202

Bobot SKS                                                              :    2 SKS

Semester                                                               :    I/Ganjil

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek Tujuan Akhlaq Tasawuf dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Akhlaq Tasawuf sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Sejarah Peradaban islam

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelasakan Ruang Lingkup Ilmu Ahklaq

 

 

1.       Pengertian Akhlaq

2.       Ruang lingkup Akhlaq

3.       Manfaan ilmu Akhlaq

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Ruang Lingkup Ilmu Ahklaq

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Pengertian Ruang Lingkup Ilmu Ahklaq

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya

1.       Menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Memahami Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya

2.     Menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya

 

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq

 

 

 

1.       Pengertian Etika

2.       Pengertian moral

3.       Pengertian susila

4.       Pengertian akhlaq

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq

 

Lisan :

Menjelaskan Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq

 

Tertulis :

Membuat permumusan Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa mampu menjelaskan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq

 

.

1.       Menjelaskan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq

2.     Menjelaskan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Akhlah Yang Terpuji

 

 

 

.

 

1.       Pengertian akhlaq terpuji

2.       Macam-macam  akhlaq terpuji

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang Akhlah Yang Terpuji

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Rambu-Rambu Akhlah Yang Terpuji

 

2. Melakukan pengkajian Tentang Akhlah Yang Terpuji

 

 

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Akhlah Yang Terpuji

 

 

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Akhlaq Yang Tercela

 

 

 

1.       Pengetian akhlaq tercela

2.       Macam-macam akhlaq tercela

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Menjelaskan Akhlaq Yang Tercela

2. Mengidentifikasikan Pengertian Akhlaq Yang Tercela

 

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Akhlaq Yang Tercela

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam

1.          Pengertian Tasawuf

2.        Asal usul sumber tasawuf dalam silam

Mahasiswa:

1.    Instruksi Langsung

2.    Diskusi dan Tanya Jawab

3.    Pemahaman

Dosen:

1.       Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.       Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.       Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam

2.       Mengidentifikasikan Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  perkuliahan Akhlaq Tasawuf mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VIII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Tasawuf Sunni Dan Fasalafi

1.       Menjelaskan Tasawuf Sunni Dan Fasalafi

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Maqamat

1.       Pengertian Maqamat

2.       Macam-macam Maqamat

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  Hasil Diskusi

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Ahwal

1.       Menjelaskan tentang Ahwal

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh Tentang Ahwal

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Ahwal

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Al-Baqa’ Wa Al-Fana’

1.       Pengertian Al-Baqa’ Wa Al-Fana’

2.       Faham  antara fana’ dan seiring baqa’

3.      Tokoh sufi

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Al-Baqa’ Wa Al-Fana’ (Tokoh Dan Ajaran)

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  pemahaman tentang Al-Baqa’ Wa Al-Fana’ (Tokoh Dan Ajaran)

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Al-Ittihat Dan Al-Hulu’

1.       Pengertian Al-Ittihat dan Al-Hulu’

2.       Tokoh sufi ittihad-hulu’ dan ajarannya

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan Al-Ittihat Dan Al-Hulu’

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  Al-Ittihat Dan Al-Hulu’

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tarekat

 

1.       Pengertian tarekat

2.       Istilah Tarekat

3.       Tokoh-tokoh  tarekat di dunia silam maupun indonesia

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Tarekat

 

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tarekat

 

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Akhlaq Tasawuf  mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

 

 

REFERENSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Mempawah, 14 September 2020  

                                      Mengetahui,                                                                                                                                          Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris

 

 

                           

               DHOFIR. S.S. M.Pd.                                                                                         KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd                            ad Fa         NIDN:20108028903                                                                                                               NIDN. 2122109202

 

 

No comments:

Post a Comment