KONTRAK PERKULIAHAN
1. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Akhlaq Tasawuf
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR 202
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : I/Ganjil
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
2. Standar Kompetensi Lulus :
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Akhlaq Tasawuf di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Tujuan Akhlaq Tasawuf di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Akhlaq Tasawuf santar Pendidikan di indonisia.
3. Tempat Pertemuan : Ruang 1 Lantai 3.
4. Hari Pertemuan/Jam : Selasa, 07.30 WIB - 09.10 WIB
5. Kompetensi Dasar : Sesuai RKPS
6. Materi Pokok/Bahan Kajian : Sesuai RKPS
7. Tugas – Tugas :
- Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Akhlaq Tasawuf.
- Menyusun pengertian dari Akhlaq Tasawuf menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.
- Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.
- Mereview buku sesuai topik kuliah.
- Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Tujuan Akhlaq Tasawuf Yang Berlandasar Akhlaq Tasawuf yang ada di Indonesia.
8. Bahan Bacaan : Sesuai RKPS
9. Kriteria Penilaian : Sesuai RKPS
10. Tata Tertib :
a. Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah oleh ditetapkan oleh STAIM.
b. Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.
c. Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Akhlaq Tasawuf.
d. Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.
e. Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi tidak ketat, pendek atau transparan.
f. Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.
g. Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.
11. Lain-lain :
Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.
Mempawah, 14 September 2020
Perwakilan Mahasiswa, Dosen Pengampu,
(.............) KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd
NIDN. 2122109202
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)
Nama Mata Kuliah : Akhlaq Tasawuf
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR 202
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : I/Ganjil
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
Capaian Pembelajaran (LO) : Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan subyek Tujuan Akhlaq Tasawuf dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Akhlaq Tasawuf sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.
|
TM KE |
KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN |
BEBAN KAJIAN |
METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN |
EVALUASI (POST TEST) |
ALOKASI WAKTU |
BOBOT |
|
I |
Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah |
1. Kontrak Belajar. 2. Orientasi Perkuliahan
|
1. Instruksi Langsung.
|
Tidak Ada |
Tertulis: Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Sejarah Peradaban islam |
100 Menit |
5 % |
|
II |
Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelasakan Ruang Lingkup Ilmu Ahklaq
|
1. Pengertian Akhlaq 2. Ruang lingkup Akhlaq 3. Manfaan ilmu Akhlaq |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Ruang Lingkup Ilmu Ahklaq |
Lisan : Mengidentifikasikan dan memaparkan Pengertian Ruang Lingkup Ilmu Ahklaq |
100 Menit |
5 % |
|
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya |
1. Menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Memahami Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya 2. Menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya
|
Lisan : Dapat menjelaskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya Tertulis : Mengumpulkan dan merumuskan Hubungan Akhlaq Dengan Ilmu Lainnya
|
100 Menit |
5 % |
|
IV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq
|
1. Pengertian Etika 2. Pengertian moral 3. Pengertian susila 4. Pengertian akhlaq |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq
|
Lisan : Menjelaskan Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq
Tertulis : Membuat permumusan Etika Moral Susila Dan Hubungan Dengan Akhlaq |
100 Menit |
5 % |
|
V |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq
. |
1. Menjelaskan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.
|
1. Menyimpulkan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq 2. Menjelaskan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq |
Tertulis : Membuat Makalah Individu dengan Tema Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq
Lisan : Menjelaskan dan dapat membedakan Pembentukan Ahklaq Dan Yang Mempengaruhu Akhlaq |
100 Menit |
5 % |
|
VI |
Mahasiswa mampu Memahami Akhlah Yang Terpuji
.
|
1. Pengertian akhlaq terpuji 2. Macam-macam akhlaq terpuji |
Mahasiswa: Memberikan pemahaman Tentang Akhlah Yang Terpuji Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Merumuskan Rambu-Rambu Akhlah Yang Terpuji
2. Melakukan pengkajian Tentang Akhlah Yang Terpuji
|
Tertulis : Membuat Rumusan tentang Akhlah Yang Terpuji
|
100 Menit |
5 % |
|
VII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Akhlaq Yang Tercela
|
1. Pengetian akhlaq tercela 2. Macam-macam akhlaq tercela
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Akhlaq Yang Tercela 2. Mengidentifikasikan Pengertian Akhlaq Yang Tercela
|
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Akhlaq Yang Tercela |
100 Menit |
5 % |
|
VIII |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam |
1. Pengertian Tasawuf 2. Asal usul sumber tasawuf dalam silam |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam 2. Mengidentifikasikan Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Asal Ususl Sumber Tasawuf Dalam Islam |
100 Menit |
5 % |
|
IX |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII |
Evaluasi menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa: Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa |
Melakukan evaluasi (UTS) materi perkuliahan Akhlaq Tasawuf mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VIII |
Tertulis : Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. |
100 Menit |
5 % |
|
X |
Mahasiswa mampu memahami Tasawuf Sunni Dan Fasalafi |
1. Menjelaskan Tasawuf Sunni Dan Fasalafi |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Diskusi Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi
|
100 Menit |
10 % |
|
XI |
Mahasiswa mampu Memahami Maqamat |
1. Pengertian Maqamat 2. Macam-macam Maqamat |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan Hasil Diskusi
Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi |
100 Menit |
10 % |
|
XII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Ahwal |
1. Menjelaskan tentang Ahwal |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menjelaskan dan memberikan contoh Tentang Ahwal
|
Lisan : Mengetahui, memahami dan menjelaskan Ahwal
|
100 Menit |
5 % |
|
XIII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Al-Baqa’ Wa Al-Fana’ |
1. Pengertian Al-Baqa’ Wa Al-Fana’ 2. Faham antara fana’ dan seiring baqa’ 3. Tokoh sufi |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan Al-Baqa’ Wa Al-Fana’ (Tokoh Dan Ajaran) |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan pemahaman tentang Al-Baqa’ Wa Al-Fana’ (Tokoh Dan Ajaran) |
100 Menit |
5 % |
|
XIV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Al-Ittihat Dan Al-Hulu’ |
1. Pengertian Al-Ittihat dan Al-Hulu’ 2. Tokoh sufi ittihad-hulu’ dan ajarannya |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait. |
Menyimpulkan Al-Ittihat Dan Al-Hulu’ |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan Al-Ittihat Dan Al-Hulu’ |
100 Menit |
5 % |
|
XV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tarekat
|
1. Pengertian tarekat 2. Istilah Tarekat 3. Tokoh-tokoh tarekat di dunia silam maupun indonesia |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Tarekat
|
Lisan : Menjelaskan dan mendiskusikan Tarekat
|
100 Menit |
5 % |
|
XVI |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV |
Evaluasi Menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa : Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA. |
Melakukan evaluasi (UAS) materi perkuliahan Akhlaq Tasawuf mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV |
Ujian Akhir Semester |
100 Menit |
15 % |
|
REFERENSI |
|
|
Mempawah, 14 September 2020
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris
DHOFIR. S.S. M.Pd. KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd ad Fa NIDN:20108028903 NIDN. 2122109202
No comments:
Post a Comment