Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK PERKULIAHAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH MANAJEMEN KELAS

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Menejemen Kelas

 Jurusan/Prodi                                : Tadris Bahasa Inggris

  Kode Mata Kuliah                         : TAR108

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : IV/Genap

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Menejemen Kelas di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Menejemen Kelas sebagai Ilmu yang terkelompok dalam ilmu  dasar.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 3 Lantai 3.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Selasa , 13.00 – 14.40.

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Menejemen Kelas.

-          Menyusun pengertian dari Menejemen Kelas menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Yang Berlandasan Menejemen Kelas yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Menejemen Kelas.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 02 Maret 2021

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                             Dosen Pengampu,

 

 

 

 

             (Alif Alfarisi)                                         KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                             NIDN.2122109202      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :  Menejemen Kelas

Jurusan/Prodi                                                       :  Tadris Bahasa Inggris

Kode Mata Kuliah                                                 :   TAR108

Bobot SKS                                                              :   2 SKS

Semester                                                               :   II/Genap

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek dasar pendiikan yang ada di bermasyarakat dengan mengacu pada Menejemen Kelas (MK)  sebagai bagian dari pengacu dasar pendidikan yang berdampak positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Menejmen Kelas

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Konsep Dasar Pengelolaan Kelas

 

1. Pengertian Menejemen/pengelolaan

2. Pengertian Kelas

3. Pengertian Pengelolaan Kelas

4. Pentingnya Pengelolaan Kelas

5. Tujuan Pengelolaan Kelas

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dan Bagian-bagianya.

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Pengertian Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dan Bagian-bagianya.

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Pendekatan Dan Menejemen Kelas

 

1.    Pendekatan Otoriter

2.    Pendekatan Intimidasi

3.    Pendekatan Permisif

4.    Pendekatan Intruksional

5.    Pendekatan Proses Kelompok

6.    Pendekatan Sosioemosional

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Memahami Pertumbuhan Pendekatan Dan Menejemen Kelas

2.     Menjelaskan Perkembangan Pendekatan Dan Menejemen Kelas

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Pertumbuhan Pendekatan Dan Menejemen Kelas s dan Perkembangan Menejemen Kelas

Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Pendekatan Dan Menejemen Kelas dan Perkembangan Menejemen Kelas

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengelolaan Lingkungan Belajar

 

 

 

 

 

1.    Konsep Dasara Pengelolaan Lingkungan Belajar

2.    Tujuan Pengelolaan Lingkungan Belajar

3.    Prinsip-prinsip Pengelolan Lingkungan Belajar

4.   Hal-hal Yang perlu di perhatikan Dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Pengelolaan Lingkungan Belajar supaya mudah dipahami dan diingat oleh mahasiswa

 

Lisan :

Menjelaskan Sumber Pengelolaan Lingkungan Belajar

 

Tertulis :

Membuat permumusan Sumber Pengelolaan Lingkungan Belajar hingga mudah diingat

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa mampu menjelaskan Pengaturan Ruang Kelas

 

.

1.   Pentingnya Pengaturan Ruang Kelas dalam Belajar

2.   Menciptakan Ruangan yang Kondusif Untuk Belajar

3.   Mengatur Ruang Kelas

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Pentingnya Pengaturan Ruang Kelas

2.     Menjelaskan kata lain dari Pengaturan Ruang Kelas

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Pengaturan Ruang Kelas

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Kata lain dari t Pengaturan Ruang Kelas

 

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Tujuan Pembinaan Disiplin Dan Prilaku Anak

 

 

 

 

.

 

1.   Pengertian Disiplin

2.   Pentingnya Pembinaan Disiplin dan Prilaku Anak

3.   Teknik Pembinaan dan Penerapan Disiplin Kelas

4.   Pemeliharaan dan Peningkatan Prilaku Disiplin Anak

5.  Penerapan Hukuman dan Hadiah

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang Disiplin Dan Prilaku Anak

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Tujuan Disiplin Dan Prilaku Anak

2. Melakukan pengkajian Tentang Disiplin Dan Prilaku Anak

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Tujuan Disiplin Dan Prilaku Anak

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengembangan Komonikasi Di Kelas

 

 

 

1.   Pengertian Komonikasi di kelas

2.   Faktor-faktor Komonikasi di Kelas

3.   Tujuan Komonikasi di Kelas

4.   Fungsi Komonikasi di Kelas Bagi Anak

 

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

4.      Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Menjelaskan Pengertian Pengembangan Komonikasi Di Kelas

2.     Mengidentifikasikan Solusi  Pengembangan Komonikasi Di Kelas

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Pengembangan Komonikasi Di Kelas dan Solusinya

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas

1.   Pengenalan Masalah Anak

2.  Jenis Masalah Anak Dalam Pengelolaan Kelas

Mahasiswa:

5.      Instruksi Langsung

6.      Diskusi dan Tanya Jawab

7.      Pemahaman

8.      Penugasan

 

Dosen:

5.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

6.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

7.     Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan masalah Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas

2.       Mengidentifikasikan Langkahlangkah dalam Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas

3.       Serta Komponen Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  perkuliahan Menejemen Kelas mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Penangulangan Masalah Anak

1.       Pengertian Masalah Anak

2.       Bentuk-bentuk Penagulangan Masalah Anak

3.      Pendekatan Yang Dilakukan Dalama Mengatasi Masalah anak

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Tabel Konsep-Konsep Dasar Pengelolaan Kelas

1.       Pengertian Konsep Dasar Pengelolaan Kelas

2.       Model atau Cara Pengeloaan Kelas

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Penugasan 

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Prinsip Pengelolaan Kelas

 

1.       Pengertian Prinsip

2.       Tujuan Pengelolaan Kelas

3.      Fungsi Pengelolaan Kelas

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh Cara menganalisis Prinsip Pengelolaan Kelas.

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Cara menganalisis Prinsip Pengelolaan Kelas

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Dalam Menejemen Kelas

1.      Pengertian Pendekatan

2.      Pengertian Menejemen Kelas

3.     Upaya yang Dilakukan Dalam Memenejemen Kelas

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Pendekatan Dalam Menejemen Kelas

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  pemahaman tentang Pendekatan Dalam Menejemen Kelas

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar

1.      Pengertian Lingkungan Belajar

2.     Model Suasana Lingkungan Belajar Yang baik dan Kondusi

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan  Pengaturan Ruang Kelas

 

1.    Pengertian Ruang Kelas

2.    Faktor-Faktor Pendukung Pengaturan Ruang Kelas

3.    Faktor-faktor Penghambat Pengaturan Ruang Kelas

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan  Pengaturan Ruang Kelas

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tentang  Pengaturan Ruang Kelas

 

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Menejemen Kelas mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

REFERENSI

1.     Dirjen PUOD  dan Dirikjen Dikdasmen. (1996) Pengelolaan Kelas, Seri Peningkat Mutu 3. Jakarta :Dipdagri dan Depdikbut

2.      Maman Rahman. (1999). Menejemen Kelas, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta :Dipdagri dan Depdikbut

3.     M. Entang Dkk (1983). Pengelolaan Kelas. Jakarta: Drikjen Dikti Depdikbut

4.     Ahmad Rohani (2004). Pengelolaan Pelajar. Jakarta: Renika Cipta

5.     Gusti Ketut Arya Sunu. (2015). Menejemen Kelas. Yogyakarta: Media Akademi

6.     Muatakin Zainal. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran. Cet. Ke-5 Pekalongan: IAIN Pekalongan Pres

7.     Mulyasa E (2002). Menejemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

8.     Muatakin Zainal. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran. Cet. Ke-3 Pekalongan: IAIN Pekalongan Pres

9.     Bluestein Jene. (2013). Menejemen Kelas. Jakarta: PTIndeks Permata putri Media

10. Mulyadi. (2009). Clasroom Managemen. Malang: Aditya Media

11. Wiyani Novan Ardi. (2013) Menejemen Kelas. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

12. Syaiful Bahri Djamarah. (2000).  Guru Dan anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Reneka Cipta

13. Maman Rman. (1998). Menejemen Kelas. Jakrta: DepertemenPendidikan dan Kebudayaan Derektor Jendral Pendidikan Tinggi

       Mempawah, 02 Maret 2021

                                      Mengetahui,                                                                                                                                          Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Pendidikan Agama

 

 

          Dhofir. S.S. M.Pd.                                                                                                                                KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd

       NIDN: 2108028903                                                                                                                     NIDN.2122109202

No comments:

Post a Comment