KONTRAK PERKULIAHAN
1. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Menejemen Kelas
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR108
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : IV/Genap
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
2. Standar Kompetensi Lulus :
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Menejemen Kelas di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Menejemen Kelas sebagai Ilmu yang terkelompok dalam ilmu dasar.
3. Tempat Pertemuan : Ruang 3 Lantai 3.
4. Hari Pertemuan/Jam : Selasa , 13.00 – 14.40.
5. Kompetensi Dasar : Sesuai RKPS
6. Materi Pokok/Bahan Kajian : Sesuai RKPS
7. Tugas – Tugas :
- Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Menejemen Kelas.
- Menyusun pengertian dari Menejemen Kelas menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.
- Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.
- Mereview buku sesuai topik kuliah.
- Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Yang Berlandasan Menejemen Kelas yang ada di Indonesia.
8. Bahan Bacaan : Sesuai RKPS
9. Kriteria Penilaian : Sesuai RKPS
10. Tata Tertib :
a. Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh STAIM.
b. Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.
c. Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Menejemen Kelas.
d. Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.
e. Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi tidak ketat, pendek atau transparan.
f. Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.
g. Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.
11. Lain-lain :
Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.
Mempawah, 02 Maret 2021
Perwakilan Mahasiswa, Dosen Pengampu,
(Alif Alfarisi) KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd
NIDN.2122109202
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)
Nama Mata Kuliah : Menejemen Kelas
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR108
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : II/Genap
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
Capaian Pembelajaran (LO) : Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan subyek dasar pendiikan yang ada di bermasyarakat dengan mengacu pada Menejemen Kelas (MK) sebagai bagian dari pengacu dasar pendidikan yang berdampak positif di Indonesia.
|
TM KE |
KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN |
BEBAN KAJIAN |
METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN |
EVALUASI (POST TEST) |
ALOKASI WAKTU |
BOBOT |
|
I |
Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah |
1. Kontrak Belajar. 2. Orientasi Perkuliahan
|
1. Instruksi Langsung.
|
Tidak Ada |
Tertulis: Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Menejmen Kelas |
100 Menit |
5 % |
|
II |
Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Konsep Dasar Pengelolaan Kelas
|
1. Pengertian Menejemen/pengelolaan 2. Pengertian Kelas 3. Pengertian Pengelolaan Kelas 4. Pentingnya Pengelolaan Kelas 5. Tujuan Pengelolaan Kelas |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dan Bagian-bagianya. |
Lisan : Mengidentifikasikan dan memaparkan Pengertian Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dan Bagian-bagianya. |
100 Menit |
5 % |
|
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendekatan Dan Menejemen Kelas
|
1. Pendekatan Otoriter 2. Pendekatan Intimidasi 3. Pendekatan Permisif 4. Pendekatan Intruksional 5. Pendekatan Proses Kelompok 6. Pendekatan Sosioemosional |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Memahami Pertumbuhan Pendekatan Dan Menejemen Kelas 2. Menjelaskan Perkembangan Pendekatan Dan Menejemen Kelas
|
Lisan : Dapat menjelaskan Pertumbuhan Pendekatan Dan Menejemen Kelas s dan Perkembangan Menejemen Kelas Tertulis : Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Pendekatan Dan Menejemen Kelas dan Perkembangan Menejemen Kelas |
100 Menit |
5 % |
|
IV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengelolaan Lingkungan Belajar
|
1. Konsep Dasara Pengelolaan Lingkungan Belajar 2. Tujuan Pengelolaan Lingkungan Belajar 3. Prinsip-prinsip Pengelolan Lingkungan Belajar 4. Hal-hal Yang perlu di perhatikan Dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Pengelolaan Lingkungan Belajar supaya mudah dipahami dan diingat oleh mahasiswa
|
Lisan : Menjelaskan Sumber Pengelolaan Lingkungan Belajar
Tertulis : Membuat permumusan Sumber Pengelolaan Lingkungan Belajar hingga mudah diingat |
100 Menit |
5 % |
|
V |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pengaturan Ruang Kelas
. |
1. Pentingnya Pengaturan Ruang Kelas dalam Belajar 2. Menciptakan Ruangan yang Kondusif Untuk Belajar 3. Mengatur Ruang Kelas |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.
|
1. Menyimpulkan Pentingnya Pengaturan Ruang Kelas 2. Menjelaskan kata lain dari Pengaturan Ruang Kelas |
Tertulis : Membuat Makalah Individu dengan Tema Pengaturan Ruang Kelas
Lisan : Menjelaskan dan dapat membedakan Kata lain dari t Pengaturan Ruang Kelas
|
100 Menit |
5 % |
|
VI |
Mahasiswa mampu Memahami Tujuan Pembinaan Disiplin Dan Prilaku Anak
.
|
1. Pengertian Disiplin 2. Pentingnya Pembinaan Disiplin dan Prilaku Anak 3. Teknik Pembinaan dan Penerapan Disiplin Kelas 4. Pemeliharaan dan Peningkatan Prilaku Disiplin Anak 5. Penerapan Hukuman dan Hadiah |
Mahasiswa: Memberikan pemahaman Tentang Disiplin Dan Prilaku Anak Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Merumuskan Tujuan Disiplin Dan Prilaku Anak 2. Melakukan pengkajian Tentang Disiplin Dan Prilaku Anak |
Tertulis : Membuat Rumusan tentang Tujuan Disiplin Dan Prilaku Anak
|
100 Menit |
5 % |
|
VII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengembangan Komonikasi Di Kelas
|
1. Pengertian Komonikasi di kelas 2. Faktor-faktor Komonikasi di Kelas 3. Tujuan Komonikasi di Kelas 4. Fungsi Komonikasi di Kelas Bagi Anak
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Pengertian Pengembangan Komonikasi Di Kelas 2. Mengidentifikasikan Solusi Pengembangan Komonikasi Di Kelas |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Pengembangan Komonikasi Di Kelas dan Solusinya |
100 Menit |
5 % |
|
VIII |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas |
1. Pengenalan Masalah Anak 2. Jenis Masalah Anak Dalam Pengelolaan Kelas |
Mahasiswa: 5. Instruksi Langsung 6. Diskusi dan Tanya Jawab 7. Pemahaman 8. Penugasan
Dosen: 5. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 6. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 7. Memberikan hasil analisisnya. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan masalah Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas 2. Mengidentifikasikan Langkahlangkah dalam Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas 3. Serta Komponen Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Hambatan-Hambatan Dalam Pengelolaan Kelas |
100 Menit |
5 % |
|
IX |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII |
Evaluasi menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa: Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa |
Melakukan evaluasi (UTS) materi perkuliahan Menejemen Kelas mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII |
Tertulis : Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. |
100 Menit |
5 % |
|
X |
Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Penangulangan Masalah Anak |
1. Pengertian Masalah Anak 2. Bentuk-bentuk Penagulangan Masalah Anak 3. Pendekatan Yang Dilakukan Dalama Mengatasi Masalah anak |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Diskusi Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi
|
100 Menit |
10 % |
|
XI |
Mahasiswa mampu Memahami Tabel Konsep-Konsep Dasar Pengelolaan Kelas |
1. Pengertian Konsep Dasar Pengelolaan Kelas 2. Model atau Cara Pengeloaan Kelas |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Penugasan
Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi |
100 Menit |
10 % |
|
XII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Prinsip Pengelolaan Kelas
|
1. Pengertian Prinsip 2. Tujuan Pengelolaan Kelas 3. Fungsi Pengelolaan Kelas |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menjelaskan dan memberikan contoh Cara menganalisis Prinsip Pengelolaan Kelas.
|
Lisan : Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Cara menganalisis Prinsip Pengelolaan Kelas
|
100 Menit |
5 % |
|
XIII |
Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Dalam Menejemen Kelas |
1. Pengertian Pendekatan 2. Pengertian Menejemen Kelas 3. Upaya yang Dilakukan Dalam Memenejemen Kelas |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan Pendekatan Dalam Menejemen Kelas |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan pemahaman tentang Pendekatan Dalam Menejemen Kelas |
100 Menit |
5 % |
|
XIV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar |
1. Pengertian Lingkungan Belajar 2. Model Suasana Lingkungan Belajar Yang baik dan Kondusi |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait. |
Menyimpulkan dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar |
100 Menit |
5 % |
|
XV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengaturan Ruang Kelas
|
1. Pengertian Ruang Kelas 2. Faktor-Faktor Pendukung Pengaturan Ruang Kelas 3. Faktor-faktor Penghambat Pengaturan Ruang Kelas |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Pengaturan Ruang Kelas |
Lisan : Menjelaskan dan mendiskusikan Tentang Pengaturan Ruang Kelas
|
100 Menit |
5 % |
|
XVI |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV |
Evaluasi Menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa : Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA. |
Melakukan evaluasi (UAS) materi perkuliahan Menejemen Kelas mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV |
Ujian Akhir Semester |
100 Menit |
15 % |
|
REFERENSI |
|
1. Dirjen PUOD dan Dirikjen Dikdasmen. (1996) Pengelolaan Kelas, Seri Peningkat Mutu 3. Jakarta :Dipdagri dan Depdikbut 2. Maman Rahman. (1999). Menejemen Kelas, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta :Dipdagri dan Depdikbut 3. M. Entang Dkk (1983). Pengelolaan Kelas. Jakarta: Drikjen Dikti Depdikbut 4. Ahmad Rohani (2004). Pengelolaan Pelajar. Jakarta: Renika Cipta 5. Gusti Ketut Arya Sunu. (2015). Menejemen Kelas. Yogyakarta: Media Akademi 6. Muatakin Zainal. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran. Cet. Ke-5 Pekalongan: IAIN Pekalongan Pres 7. Mulyasa E (2002). Menejemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 8. Muatakin Zainal. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran. Cet. Ke-3 Pekalongan: IAIN Pekalongan Pres 9. Bluestein Jene. (2013). Menejemen Kelas. Jakarta: PTIndeks Permata putri Media 10. Mulyadi. (2009). Clasroom Managemen. Malang: Aditya Media 11. Wiyani Novan Ardi. (2013) Menejemen Kelas. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media 12. Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Guru Dan anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Reneka Cipta 13. Maman Rman. (1998). Menejemen Kelas. Jakrta: DepertemenPendidikan dan Kebudayaan Derektor Jendral Pendidikan Tinggi |
Mempawah, 02 Maret 2021
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Prodi Pendidikan Agama
Dhofir. S.S. M.Pd. KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd
NIDN: 2108028903 NIDN.2122109202
No comments:
Post a Comment