KONTRAK PERKULIAHAN
1. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR 101.4
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III/Ganjil
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
2. Standar Kompetensi Lulus :
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Perkembangan Peserta Didik di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Tujuan Perkembangan Peserta Didik di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Perkembangan Peserta Didik sebagai santar Pendidikan di indonisia.
3. Tempat Pertemuan : Ruang 2 Lantai 3.
4. Hari Pertemuan/Jam : Senin 09.30 WIB - 11.10 WIB
5. Kompetensi Dasar : Sesuai RKPS
6. Materi Pokok/Bahan Kajian : Sesuai RKPS
7. Tugas – Tugas :
- Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Perkembangan Peserta Didik.
- Menyusun pengertian dari Perkembangan Peserta Didik menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.
- Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.
- Mereview buku sesuai topik kuliah.
- Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Tujuan Perkembangan Peserta Didik Yang Berlandasar Perkembangan Peserta Didik yang ada di Indonesia.
8. Bahan Bacaan : Sesuai RKPS
9. Kriteria Penilaian : Sesuai RKPS
10. Tata Tertib :
a. Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah oleh ditetapkan oleh STAIM.
b. Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.
c. Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Perkembangan Peserta Didik.
d. Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.
e. Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi tidak ketat, pendek atau transparan.
f. Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.
g. Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.
11. Lain-lain :
Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.
Mempawah, 20 September 2021
Perwakilan Mahasiswa, Dosen Pengampu,
(Faisal) KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd
NIDN. 2122109202
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)
Nama Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR 101.4
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III/Ganjil
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
Capaian Pembelajaran (LO) : Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan subyek Tujuan Perkembangan Peserta Didik dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Perkembangan Peserta Didik sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.
|
TM KE |
KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN |
BEBAN KAJIAN |
METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN |
EVALUASI (POST TEST) |
ALOKASI WAKTU |
BOBOT |
|
I |
Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah |
1. Kontrak Belajar. 2. Orientasi Perkuliahan
|
1. Instruksi Langsung.
|
Tidak Ada |
Tertulis: Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Belajar dan Pembelajaran |
100 Menit |
5 % |
|
II |
Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu Memahami Hakekat Dan Makna Perkembangan Peserta Didik Menurut Berbagai Pandangan
|
1. Pengertian hakikat 2. Makna perkembangan peserta didik menurut berbagai pandangan |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Hakekat Dan Makna Perkembangan Peserta Didik Menurut Berbagai Pandangan |
Lisan : Mengidentifikasikan dan memaparkan Hakekat Dan Makna Perkembangan Peserta Didik Menurut Berbagai Pandangan |
100 Menit |
5 % |
|
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik |
1. Menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik
|
Lisan : Dapat menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik
Tertulis : Mengumpulkan dan merumuskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik
|
100 Menit |
5 % |
|
IV |
Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Tahapan Perkembangan Peserta Didik
|
1. Menjelaskan Tahapan perkembangan peserta didik |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Memberikan pemahaman dan penjelasan Tahapan perkembangan peserta didik
|
Lisan : Menjelaskan Tahapan perkembangan peserta didik
Tertulis : Membuat permumusan Tahapan perkembangan peserta didik |
100 Menit |
5 % |
|
V |
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.
. |
1. aspek kognitif 2. afektif 3. psikomotor 4. serta sosiaL |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.
|
1. Menyimpulkan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik. 2. Menjelaskan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik. |
Tertulis : Membuat Makalah Individu dengan Tema Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.
Lisan : Menjelaskan dan dapat membedakan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik. |
100 Menit |
5 % |
|
VI |
Mahasiswa mampu Memahami Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
.
|
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan peserta didik 2. -Faktor-faktor perkembangan Peserta didik |
Mahasiswa: Memberikan pemahaman Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Merumuskan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik 2. Melakukan pengkajian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik |
Tertulis : Membuat Rumusan tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
|
100 Menit |
5 % |
|
VII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
|
1. Bagian-bagian hukum pertumbuhan pseserta didik 2. Perkembangan peserta didik
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik 2. Mengidentifikasikan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
|
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik |
100 Menit |
5 % |
|
VIII |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran |
1. Pengertian Implikasi perkembangan peserta didik 2. kegiatan pembelajaran |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran 2. Mengidentifikasikan Penerapan Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran |
100 Menit |
5 % |
|
IX |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII |
Evaluasi menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa: Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa |
Melakukan evaluasi (UTS) materi Perkembangan Peserta Didik mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VIII |
Tertulis : Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. |
100 Menit |
5 % |
|
X |
Mahasiswa mampu memahami Perkembangan Pada Masa Prenatal |
1. Pengetian Perkembangan pada masa prenatal 2. Bagian-bagian Perkembangan pada masa prenatal |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Diskusi Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi
|
100 Menit |
10 % |
|
XI |
Mahasiswa mampu Memahami Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Bayi |
1. Menjelaskan Penjelasan Perkembangan biologis, motorik, kognitif, dan sosioemosional pada masa bayi
|
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan Hasil Diskusi
Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi |
100 Menit |
10 % |
|
XII |
Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak. |
1. Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak. |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menjelaskan dan memberikan contoh Tentang Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak.
|
Lisan : Mengetahui, memahami dan menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak.
|
100 Menit |
5 % |
|
XIII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja |
1. Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja |
100 Menit |
5 % |
|
XIV |
Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa |
1. Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait. |
Menyimpulkan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa |
100 Menit |
5 % |
|
XV |
Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Analisis Kasus Perkembangan Peserta Didik
|
1. Perkembangan Peserta Didik |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Analisis Kasus Perkembangan Peserta Didik |
Lisan : Menjelaskan dan mendiskusikan Tentang Analisis Kasus Perkembangan Peserta Didik |
100 Menit |
5 % |
|
XVI |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV |
Evaluasi Menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa : Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA. |
Melakukan evaluasi (UAS) materi perkuliahan Perkembangan Peserta Didik mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV |
Ujian Akhir Semester |
100 Menit |
15 % |
|
REFERENSI |
|
1. Syamsu Yusuf LN, Nani M. Sughandi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press 2. Muhibbin Syah. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Rajawali Press 3. Sutirna. 2014. Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi 4. Elizabeth. B. Hurlock. 1980. Developmenal Psyhology. Mc.Graw-Hill.Inc.kHohn W. 5. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texas at Dallas. 6. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
|
Mempawah, 20 September 2021
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris
DHOFIR. S.S. M.Pd. KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd ad Fa NIDN:20108028903 NIDN. 2122109202
No comments:
Post a Comment