Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK PERKULIAHAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Perkembangan Peserta Didik

 Jurusan/Prodi                                : Tadris Bahasa Inggris

  Kode Mata Kuliah                         : TAR 101.4

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : III/Ganjil  

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Perkembangan Peserta Didik di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Tujuan Perkembangan Peserta Didik di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Perkembangan Peserta Didik sebagai santar Pendidikan di indonisia.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 2 Lantai 3.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Senin 09.30 WIB - 11.10 WIB

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Perkembangan Peserta Didik.

-          Menyusun pengertian dari Perkembangan Peserta Didik menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Tujuan Perkembangan Peserta Didik Yang Berlandasar Perkembangan Peserta Didik yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  oleh ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Perkembangan Peserta Didik.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 20 September  2021

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                            Dosen Pengampu,

 

 

 

 

                       (Faisal)                                         KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                            NIDN. 2122109202      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :   Perkembangan Peserta Didik

Jurusan/Prodi                                                       :  Tadris Bahasa Inggris

Kode Mata Kuliah                                                 :    TAR 101.4

Bobot SKS                                                              :    2 SKS

Semester                                                               :    III/Ganjil

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek Tujuan Perkembangan Peserta Didik dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Perkembangan Peserta Didik sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Belajar dan Pembelajaran

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu Memahami Hakekat Dan Makna Perkembangan Peserta Didik Menurut Berbagai Pandangan

 

 

1.       Pengertian hakikat

2.       Makna perkembangan peserta didik menurut berbagai pandangan

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Hakekat Dan Makna Perkembangan Peserta Didik Menurut Berbagai Pandangan

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Hakekat Dan Makna Perkembangan Peserta Didik Menurut Berbagai Pandangan

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik

1.       Menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik

 

Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Perbedaan dan persamaan antara pertumbuhan dan perkembangan Pesrta didik

 

 

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Tahapan Perkembangan Peserta Didik

 

 

 

1.       Menjelaskan Tahapan perkembangan peserta didik

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan Tahapan perkembangan peserta didik

 

Lisan :

Menjelaskan Tahapan perkembangan peserta didik

 

Tertulis :

Membuat permumusan Tahapan perkembangan peserta didik

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa Mampu Menjelaskan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.

 

.

1.       aspek kognitif

2.       afektif

3.       psikomotor

4.       serta sosiaL

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.

2.     Menjelaskan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Karakteristik Tahapan Pekembangan Peserta Didik.

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

 

 

 

 

.

 

1.       Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan peserta didik

2.       -Faktor-faktor perkembangan Peserta didik

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

2. Melakukan pengkajian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

 

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

 

 

 

1.       Bagian-bagian  hukum pertumbuhan pseserta didik

2.       Perkembangan peserta didik

 

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Menjelaskan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

2. Mengidentifikasikan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

 

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Hukum-Hukum Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran

1.       Pengertian Implikasi perkembangan peserta didik

2.       kegiatan pembelajaran

Mahasiswa:

1.    Instruksi Langsung

2.    Diskusi dan Tanya Jawab

3.    Pemahaman

Dosen:

1.       Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.       Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.       Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran

2.       Mengidentifikasikan Penerapan Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Implikasi Perkembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  Perkembangan Peserta Didik mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VIII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Perkembangan Pada Masa Prenatal

1.       Pengetian Perkembangan pada masa prenatal

2.       Bagian-bagian Perkembangan pada masa prenatal

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Bayi

1.         Menjelaskan Penjelasan Perkembangan biologis, motorik, kognitif, dan sosioemosional pada masa bayi

 

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  Hasil Diskusi

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak.

1.       Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak.

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh Tentang Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak.

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Kanak-Kanak.

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja

1.       Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Remaja

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa

1.       Menjelaskan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  Perkembangan Biologis, Motorik, Kognitif, Dan Sosioemosional Pada Masa Dewasa

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Analisis Kasus Perkembangan Peserta Didik

 

1.      Perkembangan Peserta Didik

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Analisis Kasus Perkembangan Peserta Didik

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tentang Analisis Kasus Perkembangan Peserta Didik

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Perkembangan Peserta Didik mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

 

 

REFERENSI

1.      Syamsu Yusuf LN, Nani M. Sughandi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press

2.      Muhibbin Syah. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Rajawali Press

3.      Sutirna. 2014. Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi

4.      Elizabeth. B. Hurlock. 1980. Developmenal Psyhology. Mc.Graw-Hill.Inc.kHohn W.

5.       Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texas at Dallas.

6.       Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Mempawah, 20 September 2021  

                                      Mengetahui,                                                                                                                                          Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris

 

 

                           

               DHOFIR. S.S. M.Pd.                                                                                         KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd                            ad Fa         NIDN:20108028903                                                                                                               NIDN. 2122109202

 

No comments:

Post a Comment