Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK PERKULIAHAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Dasar-Dasar Pendidikan

 Jurusan/Prodi                                : Tadris Bahasa Inggris

  Kode Mata Kuliah                         : TAR102

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : II/Genap

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Dasar-Dasar Pendidikan di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Dasar-Dasar Pendidikan sebagai Ilmu yang terkelompok dalam ilmu  dasar.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 3 Lantai 2.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Sabtu , 10.00 – 11.40.

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Dasar-Dasar Pendidikan.

-          Menyusun pengertian dari Dasar-Dasar Pendidikan menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Yang Berlandasan Dasar-Dasar Pendidikan yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Dasar-Dasar Pendidikan.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 02 Maret 2021

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                             Dosen Pengampu,

 

 

 

 

                  (Faisal)                                               Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                             NIDN.2122109202      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :  Dasar-Dasar Pendidikan

Jurusan/Prodi                                                       :  Tadris Bahasa Inggris

Kode Mata Kuliah                                                 :   TAR102

Bobot SKS                                                              :   2 SKS

Semester                                                               :   II/Genap

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek dasar pendiikan yang ada di bermasyarakat dengan mengacu pada Dasar-Dasar Pendidikan (DDP)  sebagai bagian dari pengacu dasar pendidikan yang berdampak positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Dasar-Dasar Pendidikan

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Masalah Tes

 

1. Pengertian Tes

2. Persyaratan Tes

3. ciri-Ciri Tes Yang Baik

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Masalah Tes dan Bagian-bagianya.

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Pengertian Masalah Tes dan Bagian-bagianya.

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Validitas

 

1.   Macam-Macam Validitas.

2.   Cara Mengetahui Validitas Alat Ukur.

3.   Tes Terstandar Sebagai Kreterium Dalam Menentukan Validitas.

4.  Valiitas Faktor

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Memahami Pertumbuhan Validitas

2.     Menjelaskan Perkembangan Validitas

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Pertumbuhan Validitas dan Perkembangan Dasar-Dasar Peniddikan

Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Validitas dan Perkembangan Dasar-Dasar Peniddikan

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Reliabilitas

 

 

 

 

 

1.       Arti Reliabilitas Bagi Sebuah Tes

2.     -Cara-Cara Mencari Besarnya Reliabilitas

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Reliabilitas supaya mudah dipahami dan diingat oleh mahasiswa

 

Lisan :

Menjelaskan Sumber Reliabilitas

 

Tertulis :

Membuat permumusan Sumber Reliabilitas hingga mudah diingat

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa mampu menjelaskan Taksonomi

 

.

1. Arti dan Letak Taksonomi Dalam Pendidikan

2. Taksonomi Bloom

3. Lain-Lain Taksonomi

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Arti Taksonomi

2.     Menjelaskan kata lain dari taksonomi

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Taksonomi

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Kata lain dari taksonomi

 

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Tujuan Instruksional

 

 

 

 

.

 

1.   Bermacam-Macam Tujuan Pendidikan

2.   Tujuan Instruksional

3.   Merumuskan Tujuan Instruksional

4.   Langkah-Langkah Yang Dilakukan Alam Merumuskan Tujuan Instruksional Khusus

5.   Tingkah Laku Akhir

6.   Kata-Kata Operasional

7.  Kondisi Demostrasi

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang Tujuan Instruksional

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Tujuan Instruksional

2. Melakukan pengkajian Tentang  Tujuan Instruksional

 

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Tujuan Instruksional

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tes Standar dan Tes Buatan Guru

 

 

 

1.    Pengertian Tes Standar

2.    Tes Prestasi Standar

3.    Perbandingan Antara Tes Standar Dengan Tes Buatan Guru

4.    Kegunaan Tes Standar

5.    Keguanaan Tes Buatan Guru

6.   Kelengkapan Tes Standar

 

 

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

4.      Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Menjelaskan Pengertian Tes Standar dan Tes Buatan Guru

2.     Mengidentifikasikan Solusi  Tes Standar dan Tes Buatan Guru

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Tes Standar dan Tes Buatan Guru dan Solusinya

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Penyususnan Tes

1.   Fungsi Tes

2.   Langkah-Langkah Dalam Penyusunan Tes

3.  Komponen-Komponen Tes

Mahasiswa:

5.      Instruksi Langsung

6.      Diskusi dan Tanya Jawab

7.      Pemahaman

8.      Penugasan

 

Dosen:

5.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

6.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

7.     Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan Fungsi Tes

2.       Mengidentifikasikan Langkahlangkah dalam penyususnan tes

3.       Serta Komponen Tes

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Penyususnan Tes

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  perkuliahan Dasar-dasar Penidikan mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Tes Tertulis Untuk Prestasi Belajar

1. Bentuk-Bentuk Tes

2. Macam-Macam Tes Objektif

3. Pengukuran Ranah Efektif

4. Pengukuran Ranah Psikomotor

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Tabel Spesipikasi

1.       Fungsi Tebel Spesifikasi

2.       Langkah-Langkah Pembuatan

3.      Tindak Lanjut Sesudah Penyusunan Table Spesifikasi

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Penugasan 

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menganalisis Hasil Tes

 

1.       Menilai Tes Yang Dibuat Sendiri

2.      Analisis Butir Soal

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh Cara menganalisis hasil tes  Semua Unsur-Unsurnya.

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Cara menganalisis hasil tes  Semua Unsur-Unsur-Unsurnya

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami Model Penelitian Kelas

1.       Pengertian Umum Penelitian Kelas

2.       Jenis Penilaian

3.      Bentuk-Bentuk Penilai

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Model Penelitian Kelas

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  pemahaman tentang Model Penelitian Kelas

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dalam Mengelola Nilai

1.       Beberapa Skla Penilaian

2.       Distribusi Nilai

3.      Standar Nilai

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan dalam mengelola nilai

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  dalam mengelola nilai

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan  Mencari Nilai Akhir

 

1.   Fungsi Nilai Akhir

2.   Faktor-Faktor Yang Turut Diperhitungkan Dalam Penilaian

3.  Cara Menentukan Nilai Akhir

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Mencari Nilai Akhir

 

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tentang Mencari Nilai Akhir

 

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Dasar-Dasar Pendidikan mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

REFERENSI

1.     Prof. Dr. Suharsimin Arikunto (2015 ), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

2.      Prof. Dr. H.M. Sukardi  (2012)Evaluasi Peniikan  Jakarta, Bumi Aksara.

3.     Prof. Dr. Suharsimin Arikunto (2009 ), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

4.     Suhartono,Suparlan. (2008). Wawasan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

5.     Abd. Aziz, (2009), Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.

6.     Ahmad Falah, (2010)Aspk-Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarta: Idea Pres.

7.     Ahmad Tafsir, (2005)Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

8.     Bukhari Umar, (2010)Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah.

9.     Hasan Basri, (2009)Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.

10. Muhammad Roqib, (2009)Ilmu pendidikan Islam, Yogyakarta:PT Lki Printing Cemerlang.

11. Samsul Nizar, (2002)Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Prktis,Jakarta: Ciputat Pres.

12. Zakiah Darajat, (2011)Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara.

 

             Mempawah, 02 Maret 2021

                                      Mengetahui,                                                                                                                                Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Tadris Bahasa  Inggris

 

 

                            

          Dhofir. S.S. M.Pd.                                                                                                                       Kholilurrahim, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd

       NIDN: 2108028903                                                                                                            NIDN.2122109202

No comments:

Post a Comment