KONTRAK PERKULIAHAN
1. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Dasar-Dasar Pendidikan
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR102
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : II/Genap
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
2. Standar Kompetensi Lulus :
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Dasar-Dasar Pendidikan di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Dasar-Dasar Pendidikan sebagai Ilmu yang terkelompok dalam ilmu dasar.
3. Tempat Pertemuan : Ruang 3 Lantai 2.
4. Hari Pertemuan/Jam : Sabtu , 10.00 – 11.40.
5. Kompetensi Dasar : Sesuai RKPS
6. Materi Pokok/Bahan Kajian : Sesuai RKPS
7. Tugas – Tugas :
- Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Dasar-Dasar Pendidikan.
- Menyusun pengertian dari Dasar-Dasar Pendidikan menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.
- Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.
- Mereview buku sesuai topik kuliah.
- Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Yang Berlandasan Dasar-Dasar Pendidikan yang ada di Indonesia.
8. Bahan Bacaan : Sesuai RKPS
9. Kriteria Penilaian : Sesuai RKPS
10. Tata Tertib :
a. Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh STAIM.
b. Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.
c. Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Dasar-Dasar Pendidikan.
d. Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.
e. Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi tidak ketat, pendek atau transparan.
f. Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.
g. Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.
11. Lain-lain :
Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.
Mempawah, 02 Maret 2021
Perwakilan Mahasiswa, Dosen Pengampu,
(Faisal) Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd
NIDN.2122109202
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)
Nama Mata Kuliah : Dasar-Dasar Pendidikan
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR102
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : II/Genap
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
Capaian Pembelajaran (LO) : Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan subyek dasar pendiikan yang ada di bermasyarakat dengan mengacu pada Dasar-Dasar Pendidikan (DDP) sebagai bagian dari pengacu dasar pendidikan yang berdampak positif di Indonesia.
|
TM KE |
KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN |
BEBAN KAJIAN |
METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN |
EVALUASI (POST TEST) |
ALOKASI WAKTU |
BOBOT |
|
I |
Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah |
1. Kontrak Belajar. 2. Orientasi Perkuliahan
|
1. Instruksi Langsung.
|
Tidak Ada |
Tertulis: Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Dasar-Dasar Pendidikan |
100 Menit |
5 % |
|
II |
Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Masalah Tes
|
1. Pengertian Tes 2. Persyaratan Tes 3. ciri-Ciri Tes Yang Baik |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Masalah Tes dan Bagian-bagianya. |
Lisan : Mengidentifikasikan dan memaparkan Pengertian Masalah Tes dan Bagian-bagianya. |
100 Menit |
5 % |
|
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan Validitas
|
1. Macam-Macam Validitas. 2. Cara Mengetahui Validitas Alat Ukur. 3. Tes Terstandar Sebagai Kreterium Dalam Menentukan Validitas. 4. Valiitas Faktor |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Memahami Pertumbuhan Validitas 2. Menjelaskan Perkembangan Validitas
|
Lisan : Dapat menjelaskan Pertumbuhan Validitas dan Perkembangan Dasar-Dasar Peniddikan Tertulis : Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Validitas dan Perkembangan Dasar-Dasar Peniddikan |
100 Menit |
5 % |
|
IV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Reliabilitas
|
1. Arti Reliabilitas Bagi Sebuah Tes 2. -Cara-Cara Mencari Besarnya Reliabilitas |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Reliabilitas supaya mudah dipahami dan diingat oleh mahasiswa
|
Lisan : Menjelaskan Sumber Reliabilitas
Tertulis : Membuat permumusan Sumber Reliabilitas hingga mudah diingat |
100 Menit |
5 % |
|
V |
Mahasiswa mampu menjelaskan Taksonomi
. |
1. Arti dan Letak Taksonomi Dalam Pendidikan 2. Taksonomi Bloom 3. Lain-Lain Taksonomi |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.
|
1. Menyimpulkan Arti Taksonomi 2. Menjelaskan kata lain dari taksonomi |
Tertulis : Membuat Makalah Individu dengan Tema Taksonomi
Lisan : Menjelaskan dan dapat membedakan Kata lain dari taksonomi
|
100 Menit |
5 % |
|
VI |
Mahasiswa mampu Memahami Tujuan Instruksional
.
|
1. Bermacam-Macam Tujuan Pendidikan 2. Tujuan Instruksional 3. Merumuskan Tujuan Instruksional 4. Langkah-Langkah Yang Dilakukan Alam Merumuskan Tujuan Instruksional Khusus 5. Tingkah Laku Akhir 6. Kata-Kata Operasional 7. Kondisi Demostrasi |
Mahasiswa: Memberikan pemahaman Tentang Tujuan Instruksional Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Merumuskan Tujuan Instruksional 2. Melakukan pengkajian Tentang Tujuan Instruksional
|
Tertulis : Membuat Rumusan tentang Tujuan Instruksional
|
100 Menit |
5 % |
|
VII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tes Standar dan Tes Buatan Guru
|
1. Pengertian Tes Standar 2. Tes Prestasi Standar 3. Perbandingan Antara Tes Standar Dengan Tes Buatan Guru 4. Kegunaan Tes Standar 5. Keguanaan Tes Buatan Guru 6. Kelengkapan Tes Standar
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Pengertian Tes Standar dan Tes Buatan Guru 2. Mengidentifikasikan Solusi Tes Standar dan Tes Buatan Guru |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Tes Standar dan Tes Buatan Guru dan Solusinya |
100 Menit |
5 % |
|
VIII |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Penyususnan Tes |
1. Fungsi Tes 2. Langkah-Langkah Dalam Penyusunan Tes 3. Komponen-Komponen Tes |
Mahasiswa: 5. Instruksi Langsung 6. Diskusi dan Tanya Jawab 7. Pemahaman 8. Penugasan
Dosen: 5. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 6. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 7. Memberikan hasil analisisnya. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Fungsi Tes 2. Mengidentifikasikan Langkahlangkah dalam penyususnan tes 3. Serta Komponen Tes |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Penyususnan Tes |
100 Menit |
5 % |
|
IX |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII |
Evaluasi menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa: Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa |
Melakukan evaluasi (UTS) materi perkuliahan Dasar-dasar Penidikan mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII |
Tertulis : Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. |
100 Menit |
5 % |
|
X |
Mahasiswa mampu memahami Tes Tertulis Untuk Prestasi Belajar |
1. Bentuk-Bentuk Tes 2. Macam-Macam Tes Objektif 3. Pengukuran Ranah Efektif 4. Pengukuran Ranah Psikomotor |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Diskusi Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi
|
100 Menit |
10 % |
|
XI |
Mahasiswa mampu Memahami Tabel Spesipikasi |
1. Fungsi Tebel Spesifikasi 2. Langkah-Langkah Pembuatan 3. Tindak Lanjut Sesudah Penyusunan Table Spesifikasi |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Penugasan
Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi |
100 Menit |
10 % |
|
XII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menganalisis Hasil Tes
|
1. Menilai Tes Yang Dibuat Sendiri 2. Analisis Butir Soal |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menjelaskan dan memberikan contoh Cara menganalisis hasil tes Semua Unsur-Unsurnya.
|
Lisan : Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Cara menganalisis hasil tes Semua Unsur-Unsur-Unsurnya
|
100 Menit |
5 % |
|
XIII |
Mahasiswa mampu memahami Model Penelitian Kelas |
1. Pengertian Umum Penelitian Kelas 2. Jenis Penilaian 3. Bentuk-Bentuk Penilai |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan Model Penelitian Kelas |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan pemahaman tentang Model Penelitian Kelas |
100 Menit |
5 % |
|
XIV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dalam Mengelola Nilai |
1. Beberapa Skla Penilaian 2. Distribusi Nilai 3. Standar Nilai |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait. |
Menyimpulkan dalam mengelola nilai |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan dalam mengelola nilai |
100 Menit |
5 % |
|
XV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Mencari Nilai Akhir
|
1. Fungsi Nilai Akhir 2. Faktor-Faktor Yang Turut Diperhitungkan Dalam Penilaian 3. Cara Menentukan Nilai Akhir |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Mencari Nilai Akhir
|
Lisan : Menjelaskan dan mendiskusikan Tentang Mencari Nilai Akhir
|
100 Menit |
5 % |
|
XVI |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV |
Evaluasi Menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa : Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA. |
Melakukan evaluasi (UAS) materi perkuliahan Dasar-Dasar Pendidikan mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV |
Ujian Akhir Semester |
100 Menit |
15 % |
|
REFERENSI |
|
1. Prof. Dr. Suharsimin Arikunto (2015 ), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara. 2. Prof. Dr. H.M. Sukardi (2012)“Evaluasi Peniikan ” Jakarta, Bumi Aksara. 3. Prof. Dr. Suharsimin Arikunto (2009 ), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara. 4. Suhartono,Suparlan. (2008). Wawasan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media 5. Abd. Aziz, (2009), Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras. 6. Ahmad Falah, (2010), Aspk-Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarta: Idea Pres. 7. Ahmad Tafsir, (2005), Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 8. Bukhari Umar, (2010), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah. 9. Hasan Basri, (2009), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia. 10. Muhammad Roqib, (2009), Ilmu pendidikan Islam, Yogyakarta:PT Lki Printing Cemerlang. 11. Samsul Nizar, (2002), Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Prktis,Jakarta: Ciputat Pres. 12. Zakiah Darajat, (2011), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara. |
Mempawah, 02 Maret 2021
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris
Dhofir. S.S. M.Pd. Kholilurrahim, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd
NIDN: 2108028903 NIDN.2122109202
No comments:
Post a Comment