KONTRAK PERKULIAHAN
1. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR 101.5
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III/Ganjil
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
2. Standar Kompetensi Lulus :
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Belajar dan Pembelajaran di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Tujuan Belajar dan Pembelajaran di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Belajar dan Pembelajaran sebagai santar Pendidikan di indonisia.
3. Tempat Pertemuan : Ruang 2 Lantai 3.
4. Hari Pertemuan/Jam : Rabu, 07.30 WIB - 09.10 WIB
5. Kompetensi Dasar : Sesuai RKPS
6. Materi Pokok/Bahan Kajian : Sesuai RKPS
7. Tugas – Tugas :
- Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Bepalar dan Pembelajaran.
- Menyusun pengertian dari Belajar dan Pembelajaran menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.
- Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.
- Mereview buku sesuai topik kuliah.
- Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Tujuan Belajar dan Pembelajaran Yang Berlandasar Belajar dan Pembelajaran yang ada di Indonesia.
8. Bahan Bacaan : Sesuai RKPS
9. Kriteria Penilaian : Sesuai RKPS
10. Tata Tertib :
a. Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah oleh ditetapkan oleh STAIM.
b. Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.
c. Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Belajar dan Pembelajaran.
d. Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.
e. Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi tidak ketat, pendek atau transparan.
f. Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.
g. Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.
11. Lain-lain :
Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.
Mempawah, 20 September 2021
Perwakilan Mahasiswa, Dosen Pengampu,
(Faisal) KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd
NIDN. 2122109202
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)
Nama Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR 101.5
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III/Ganjil
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
Capaian Pembelajaran (LO) : Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan subyek Tujuan Belajar dan Pembelajaran dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Belajar dan Pembelajaran sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.
|
TM KE |
KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN |
BEBAN KAJIAN |
METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN |
EVALUASI (POST TEST) |
ALOKASI WAKTU |
BOBOT |
|
I |
Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah |
1. Kontrak Belajar. 2. Orientasi Perkuliahan
|
1. Instruksi Langsung.
|
Tidak Ada |
Tertulis: Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Belajar dan Pembelajaran |
100 Menit |
5 % |
|
II |
Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu Hakikat Belajar dan Pembelajaran
|
1. Belajar dan Pembelajaran 2. Tujuan Belajar dan Pembelajaran |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Belajar dan Pembelajaran |
Lisan : Mengidentifikasikan dan memaparkan Pengertian Belajar dan Pembelajaran |
100 Menit |
5 % |
|
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip-Prinsip Belajar Dan Asas Pembelajaran |
1. Prinsip-Prinsip Pembelajaran 2. Asas Pembelajaran |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Memahami Prinsip-prinsip Pembelajaran 2. Menjelaskan Perkembangan Asas Pembelajaran
|
Lisan : Dapat menjelaskan Prinsip-Prinsip Belajar Dan Asas Pembelajaran Tertulis : Mengumpulkan dan merumuskan Prinsip-Prinsip Belajar Dan Asas Pembelajaran
|
100 Menit |
5 % |
|
IV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Motivasi Belajar
|
1. Motivasi dan Pentingnya Motivasi 2. Jenis dan Sifat Mutifasi 3. Motivasi Dalam Belajar |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Motivasi Belajar supaya mudah dipahami dan dingat oleh mahasiswa
|
Lisan : Menjelaskan Motivasi Belajar
Tertulis : Membuat permumusan Motivasi Belajar hingga mudah diingat |
100 Menit |
5 % |
|
V |
Mahasiswa mampu menjelaskan Penekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran I
. |
1. Pengertian Pendekatan CBSA 2. Rasionalisasi CBSA dalam Pembelajaran
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.
|
1. Menyimpulkan Pengertian Pendekatan CBSA 2. Menjelaskan Rasionalisasi CBSA Dalam Pembelajaran |
Tertulis : Membuat Makalah Individu dengan Tema Penekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran I
Lisan : Menjelaskan dan dapat membedakan Rasionalisasi CBSA Dalam Pembelajaran |
100 Menit |
5 % |
|
VI |
Mahasiswa mampu Memahami Pendekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran II
.
|
1. Rmbu-Rambu Penyelenggara CBSA 2. Penerapan CBSA |
Mahasiswa: Memberikan pemahaman Tentang CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran II Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Merumuskan Rambu-Rambu Penyelenggaraan CBSA 2. Melakukan pengkajian Tentang Penerapan CBSA
|
Tertulis : Membuat Rumusan tentang Pendekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran II
|
100 Menit |
5 % |
|
VII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA I
|
1. Rasionalisasi Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran 2. Pengertian Pendekatan Keterampilan Proses dan Keterkaitan Dengan CBSA
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Rasionalisasi Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran 2. Mengidentifikasikan Pengertian Pendekatan Keterampilan Proses dan Keterkaitan Dengan CBSA
|
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA I |
100 Menit |
5 % |
|
VIII |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA II |
1. Jenis-Jenis Keterampilan Dalam Keterampilan Proses 2. Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Jenis-jenis Keterampilan Dalam Keterampilan Proses 2. Mengidentifikasikan Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA II |
100 Menit |
5 % |
|
IX |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII |
Evaluasi menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa: Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa |
Melakukan evaluasi (UTS) materi perkuliahan Belajar dan Pembelajaran mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VIII |
Tertulis : Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. |
100 Menit |
5 % |
|
X |
Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Pembelajaran I |
1. Pengorganisasi Siswa 2. Posisi Guru Siswa Dalam Pengelolaan Pesan |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Diskusi Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi
|
100 Menit |
10 % |
|
XI |
Mahasiswa mampu Memahami Pendekatan Pembelajaran II |
1. Kemampuan yang Akan Di Capai Dalam Pembelajaran 2. Proses Pengelolaan Pesan
|
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan Hasil Diskusi
Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi |
100 Menit |
10 % |
|
XII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Dasar Evaluasi Belajar Dan Pembelajara |
1. Pengertian, Kedudukan, Syarat-syarat Umum Evaluasi 2. Evaluasi Hasil Belajar 3. Evaluasi Pembelajaran |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menjelaskan dan memberikan contoh serta Konsep Dasar Evaluasi Belajar Dan Pembelajara Dan Semua Unsur-Unsurnya
|
Lisan : Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Konsep Dasar Evaluasi Belajar Dan Pembelajara Dan Semua Unsur-Unsurnya
|
100 Menit |
5 % |
|
XIII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Masalah-Masalah Belajar |
1. Masalah-masalah Intren Belajar 2. Faktor-faktor Ekxtren Belajar 3. Cara Menentukan Masalah-Masalah Belajar |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan Masalah-Masalah Belajar |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan pemahaman tentang Masalah-Masalah Belajar |
100 Menit |
5 % |
|
XIV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum I |
1. Kurikulum dan Landasan Pengembangan Kurikulum 2. Komponen dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait. |
Menyimpulkan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum I |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum I |
100 Menit |
5 % |
|
XV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum II
|
1. Model-model Pengembangan Kurikulum 2. Guru dan Pengembangan Kurikulum |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum II
|
Lisan : Menjelaskan dan mendiskusikan Tentang Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum II |
100 Menit |
5 % |
|
XVI |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV |
Evaluasi Menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa : Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA. |
Melakukan evaluasi (UAS) materi perkuliahan Belajar an Pembelajaran mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV |
Ujian Akhir Semester |
100 Menit |
15 % |
Mempawah, 20 September 2021
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris
DHOFIR. S.S. M.Pd. KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd ad Fa NIDN:20108028903 NIDN. 2122109202
No comments:
Post a Comment