Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK KULIAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAARAN

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Belajar dan Pembelajaran

 Jurusan/Prodi                                : Tadris Bahasa Inggris

  Kode Mata Kuliah                         : TAR 101.5

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : III/Ganjil  

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Belajar dan Pembelajaran di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Tujuan Belajar dan Pembelajaran di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Belajar dan Pembelajaran sebagai santar Pendidikan di indonisia.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 2 Lantai 3.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Rabu, 07.30 WIB - 09.10 WIB

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Bepalar dan Pembelajaran.

-          Menyusun pengertian dari Belajar dan Pembelajaran menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Tujuan Belajar dan Pembelajaran Yang Berlandasar Belajar dan Pembelajaran yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  oleh ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Belajar dan Pembelajaran.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 20 September  2021

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                            Dosen Pengampu,

 

 

 

 

                      (Faisal)                                          KHOLILURRAHIM, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                            NIDN. 2122109202      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :   Belajar dan Pembelajaran

Jurusan/Prodi                                                       :  Tadris Bahasa Inggris

Kode Mata Kuliah                                                 :    TAR 101.5

Bobot SKS                                                              :    2 SKS

Semester                                                               :    III/Ganjil

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek Tujuan Belajar dan Pembelajaran dalam hidup bermasyarakat dengan mengacu pada Belajar dan Pembelajaran sebagai bagian dari hukum positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Belajar dan Pembelajaran

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu Hakikat Belajar dan Pembelajaran

 

 

1.       Belajar dan Pembelajaran

2.      Tujuan Belajar dan Pembelajaran

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Pengertian Belajar dan Pembelajaran

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip-Prinsip Belajar Dan Asas Pembelajaran

1.       Prinsip-Prinsip Pembelajaran

2.      Asas Pembelajaran

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Memahami Prinsip-prinsip Pembelajaran

2.     Menjelaskan Perkembangan Asas Pembelajaran

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Prinsip-Prinsip Belajar Dan Asas Pembelajaran Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Prinsip-Prinsip Belajar Dan Asas Pembelajaran

 

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Motivasi Belajar

 

 

 

 

1.       Motivasi dan Pentingnya Motivasi

2.       Jenis dan Sifat Mutifasi

3.      Motivasi Dalam Belajar

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Motivasi Belajar supaya mudah dipahami dan dingat oleh mahasiswa

 

Lisan :

Menjelaskan Motivasi Belajar

 

Tertulis :

Membuat permumusan Motivasi Belajar hingga mudah diingat

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa mampu menjelaskan Penekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran I

 

.

1.       Pengertian Pendekatan CBSA

2.       Rasionalisasi CBSA dalam Pembelajaran

 

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Pengertian Pendekatan CBSA

2.     Menjelaskan Rasionalisasi CBSA Dalam Pembelajaran

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Penekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran I

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Rasionalisasi CBSA Dalam Pembelajaran

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Pendekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran II

 

 

 

 

.

 

1.       Rmbu-Rambu Penyelenggara CBSA

2.      Penerapan CBSA

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran II

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Rambu-Rambu Penyelenggaraan CBSA

2. Melakukan pengkajian Tentang Penerapan CBSA

 

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Pendekatan CBSA Dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran II

 

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA I

 

 

 

1.       Rasionalisasi Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran

2.       Pengertian Pendekatan Keterampilan Proses dan Keterkaitan Dengan CBSA

 

 

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Menjelaskan Rasionalisasi Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran

2. Mengidentifikasikan Pengertian Pendekatan Keterampilan Proses dan Keterkaitan Dengan CBSA

 

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA I

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA II

1.       Jenis-Jenis Keterampilan Dalam Keterampilan Proses

2.      Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran

Mahasiswa:

1.    Instruksi Langsung

2.    Diskusi dan Tanya Jawab

3.    Pemahaman

Dosen:

1.       Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.       Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.       Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan Jenis-jenis Keterampilan Dalam Keterampilan Proses

2.       Mengidentifikasikan Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Pendekatan Keterampilan Prosees Sebagai Bagian Dari CBSA II

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  perkuliahan Belajar dan Pembelajaran mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VIII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Pembelajaran I

1.       Pengorganisasi Siswa

2.       Posisi Guru Siswa Dalam Pengelolaan Pesan

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Pendekatan Pembelajaran II

1.         Kemampuan yang Akan Di Capai Dalam Pembelajaran

2.         Proses Pengelolaan Pesan

 

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  Hasil Diskusi

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Dasar Evaluasi Belajar Dan Pembelajara

1.       Pengertian, Kedudukan, Syarat-syarat Umum Evaluasi

2.       Evaluasi Hasil Belajar

3.       Evaluasi Pembelajaran

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh serta Konsep Dasar Evaluasi Belajar Dan Pembelajara Dan Semua Unsur-Unsurnya

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Konsep Dasar Evaluasi Belajar Dan Pembelajara Dan Semua Unsur-Unsurnya

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Masalah-Masalah Belajar

1.       Masalah-masalah Intren Belajar

2.       Faktor-faktor Ekxtren Belajar

3.       Cara Menentukan Masalah-Masalah Belajar

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Masalah-Masalah Belajar

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  pemahaman tentang Masalah-Masalah Belajar

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum I

1.       Kurikulum dan Landasan Pengembangan Kurikulum

2.       Komponen dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum I

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum I

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum II

 

1.      Model-model Pengembangan Kurikulum

2.      Guru dan Pengembangan Kurikulum

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum II

 

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tentang Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum II

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Belajar an Pembelajaran mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

 

 

REFERENSI

1.     Dr Dimyati dkk ( 2009 ), Belajar dan Pembelajarn, Jakarta, Renika Cipta.

2.     Dr C. Asri Budiningsi (2012) Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Renika Cipta.

3.     Hergenhahn, B. R. and Olson, M. H. 2009. Teori Belajar (Terjemahan). Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

4.     Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5.     Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

6.     Belajar dan Pembelajaran, Dr. M.Sobry Sutikno (Prospect)

7.     Belajar dan Pembelajaran, Dr.C.Asri Budiningsih (Penerbit Rineka Cipta)

8.     Konsep dan Makna Pembelajaran   Dr. H. Syaifiul Sagala, M.Pd.  (Penerbit Alfabeta)

9.     Mengajar dengan Sukses, Ad. Rooijakkers (Grasindo Jakarta).

 

 

 

 

 

 

 

 

 Mempawah, 20 September 2021  

                                      Mengetahui,                                                                                                                                          Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris

 

 

                            

               DHOFIR. S.S. M.Pd.                                                                                         KHOLILURRAHIM, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd                            ad Fa         NIDN:20108028903                                                                                                               NIDN. 2122109202

 

 

No comments:

Post a Comment