Sunday, 28 November 2021

RENCANA PELAKSAANPEMBELAJARAN KELAS XI KD 3.1 SEJARAH PEMINTAN

 

RENCANA PELAKSAANPEMBELAJARAN

Nama Pembuat                        : Kholilurrahim. S.Pd.I. S.Sy. M.Pd

Nama Sekolah/Isntansi           : MAN I Mempawah

Email                                       : Kholilsuryadi@gmail.com

Jenjang                                    : MA/SMK

Kelas/Semester                        : XI/I

Mata Pelajaran                        : Sejarah Peminatan

Kompetensi Dasar                   : 3.1Menganalisiskerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaHindu danBuddha dalamsistempemerintahan, sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakini

:4.1Menyajikanhasilanalisistentangkerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaHindudanBuddha dalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakinidalambentuktulisanataumedia lain

Topik                                       : PengaruhHindu-BuddhadiIndonesia

: Kerajaan-KerajaanMaritimpadaMasa Hindu-BuddhadiIndonesia

Tujuan

1.      Menjelaskanhipotesistentangprosesmasuk danberkembangnyaagamadankebudayaanHindu-BuddhadiIndonesia.

2.      Menganalisismunculnyanegaratradisional(kerajaan) Hindu-BuddhadiIndonesia.

3.      Mengidentifikasifaktor-faktorpenyebab runtuhnyakerajaan-kerajaanHindu-BuddhadiIndonesia.

B.  Langkah-langkah Pembelajaran

a.    Alat/Media

Alat      :LCD

Media   : Slide power point, Lembar intrumentugas

b.      Sumber belajar/bahan ajar

Sumber belajar : Buku Modul

Bahan Ajar                   : Internet

Langkah1:    Kegiatanawal(apersepsi)

-    Doa.

-    Absensi.

-    Motivasidenganmengarahkansiswapadasituasipembelajaran. Langkah2:    Kegiataninti

Mengamati

-    Membacabukutekstentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan-kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.

Menanya

-    Menanyauntukmendapatkanklarifikasidanperluasanbahananalisismengenaisistempemerintahan, sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesarHindu- Buddha yang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.

MengumpulkanData

-    Mengumpulkandata daninformasiterkaitdengansistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini,melaluibacaandansumberlain yang tersedia.

Mengasosiasi

-    Menganalisisinformasidandata  yang didapatdaribacaandansumberlainyang terkaitmengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi,dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan- kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.

Mengomunikasikan

-    Membuatlaporanhasilanalisisdalambentuktulisandanataumedia lainmengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.

Langkah3:    Kegiatanakhir(Penutup)

-    Rangkuman.

-    Penilaianproses.

-    Penugasan.

C.  Penilain

1.      Sikap

Observasidenganmengamatiproses pengumpulandata, analisisdata dan pembuatanlaporan tentangsistem pemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddha.

2.      Pengetahuan

Tes tertulis tentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini. Tugasdalam membuatanalisis mengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakat Indonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakat Indonesiamasakini.

3.      Keterampilan

Portofoliodalam  penulisantentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan  kebudayaanmasyarakatIndonesia padamasakerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesia masakini.

 

 

Mengetahui                                                                 Mempawah 12 Agustus 2020

Kepala MAN 1 Mempawah                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

Misran, S.Pd.i.                                                                        Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.

NIP. '19820606 200604 1020

 

 

 

No comments:

Post a Comment