RENCANA PELAKSAANPEMBELAJARAN
Nama Pembuat : Kholilurrahim. S.Pd.I. S.Sy. M.Pd
Nama Sekolah/Isntansi : MAN I Mempawah
Email : Kholilsuryadi@gmail.com
Jenjang : MA/SMK
Kelas/Semester : XI/I
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Kompetensi Dasar : 3.1Menganalisiskerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaHindu danBuddha dalamsistempemerintahan, sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakini
:4.1Menyajikanhasilanalisistentangkerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaHindudanBuddha dalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakinidalambentuktulisanataumedia lain
Topik : PengaruhHindu-BuddhadiIndonesia
: Kerajaan-KerajaanMaritimpadaMasa Hindu-BuddhadiIndonesia
Tujuan
1. Menjelaskanhipotesistentangprosesmasuk danberkembangnyaagamadankebudayaanHindu-BuddhadiIndonesia.
2. Menganalisismunculnyanegaratradisional(kerajaan) Hindu-BuddhadiIndonesia.
3. Mengidentifikasifaktor-faktorpenyebab runtuhnyakerajaan-kerajaanHindu-BuddhadiIndonesia.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Alat/Media
Alat :LCD
Media : Slide power point, Lembar intrumentugas
b. Sumber belajar/bahan ajar
Sumber belajar : Buku Modul
Bahan Ajar : Internet
Langkah1: Kegiatanawal(apersepsi)
- Doa.
- Absensi.
- Motivasidenganmengarahkansiswapadasituasipembelajaran. Langkah2: Kegiataninti
Mengamati
- Membacabukutekstentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan-kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Menanya
- Menanyauntukmendapatkanklarifikasidanperluasanbahananalisismengenaisistempemerintahan, sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesarHindu- Buddha yang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
MengumpulkanData
- Mengumpulkandata daninformasiterkaitdengansistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini,melaluibacaandansumberlain yang tersedia.
Mengasosiasi
- Menganalisisinformasidandata yang didapatdaribacaandansumberlainyang terkaitmengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi,dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan- kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Mengomunikasikan
- Membuatlaporanhasilanalisisdalambentuktulisandanataumedia lainmengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesarHindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Langkah3: Kegiatanakhir(Penutup)
- Rangkuman.
- Penilaianproses.
- Penugasan.
C. Penilain
1. Sikap
Observasidenganmengamatiproses pengumpulandata, analisisdata dan pembuatanlaporan tentangsistem pemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddha.
2. Pengetahuan
Tes tertulis tentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini. Tugasdalam membuatanalisis mengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakat Indonesiapadamasakerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakat Indonesiamasakini.
3. Keterampilan
Portofoliodalam penulisantentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesia padamasakerajaan-kerajaanbesar Hindu-Buddhayang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesia masakini.
Mengetahui Mempawah 12 Agustus 2020
Kepala MAN 1 Mempawah Guru Mata Pelajaran
Misran, S.Pd.i. Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.
NIP. '19820606 200604 1020
No comments:
Post a Comment