Sunday, 28 November 2021

SILABUS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI (MATERI MANUSIA HIDUP DALAM RUANG DAN WAKTU)

 

SILABUS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI (MATERI MANUSIA HIDUP DALAM RUANG DAN WAKTU)

 

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

 

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

 

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

 

3.      memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

4.      mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR

 

KOMPETENSI DASAR

 

3.1 Menganalisis  kerajaan-kerajaan  maritim Indonesia pada masa Hindu  dan  Buddha  dalam  sistem  pemerintahan, sosial,  ekonomi,  dan  kebudayaan serta pengaruhnya dalam  khidupan  masyarakat Indonesia  pada masa kini

 

3.1    Kerajaan-Kerajaan  Maritim pada Masa  Hindu-Buddha di Indonesia

 

3.1.1   Mendeskripsikan           pengertian Kerajaan maritin hindu-budha di indonesia

3.1.2   Mendeskripsikan           pengertian kehidupan                 manusia pada masa hindu-budha di indonesia.

 

 

 

 

 


 

 

 

3.1.3    Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup pada masa kerajaan maritin hindu budaha di indonesia

 

4.1    Menyajikan hasil analisis tentang kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan  Buddha  dalam  sistem pemerintahan, sosial, ekonomi,  dan  kebudayaan serta pengaruhnya dalam  khidupan  masyarakat Indonesia pada masa kini dalam  bentuk  tulisan atau  media  lain

 

4.1    Kerajaan-Kerajaan  Maritim pada Masa  Hindu-Buddha di Indonesia

 

4.1.1 Membuat kesimpulan hasil  kajian dalam bentuk tulisan tentang analisis keterkaitan konsep kehidupan manusia masa kerajaan maritin hindu budaha di indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                             Mempawah 12 Agustus 2020

            Kepala MAN 1 Mempawah                                                    Guru Mata Pelajaran

 

 

Misran, S.Pd.i.                                                                                    Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.

NIP. '19820606 200604 1020

No comments:

Post a Comment