SILABUS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI (MATERI MANUSIA HIDUP DALAM RUANG DAN WAKTU)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
|
3. memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4. mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
|
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
|
3.1 Menganalisis kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam khidupan masyarakat Indonesia pada masa kini |
3.1 Kerajaan-Kerajaan Maritim pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia
3.1.1 Mendeskripsikan pengertian Kerajaan maritin hindu-budha di indonesia 3.1.2 Mendeskripsikan pengertian kehidupan manusia pada masa hindu-budha di indonesia. |
|
|
3.1.3 Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup pada masa kerajaan maritin hindu budaha di indonesia |
|
4.1 Menyajikan hasil analisis tentang kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam khidupan masyarakat Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan atau media lain |
4.1 Kerajaan-Kerajaan Maritim pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia
4.1.1 Membuat kesimpulan hasil kajian dalam bentuk tulisan tentang analisis keterkaitan konsep kehidupan manusia masa kerajaan maritin hindu budaha di indonesia |
Mengetahui Mempawah 12 Agustus 2020
Kepala MAN 1 Mempawah Guru Mata Pelajaran
Misran, S.Pd.i. Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.
NIP. '19820606 200604 1020
No comments:
Post a Comment