|
KURIKULUM 2013 PROGRAM TAHUNAN SMA/MA Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negeri 1 mempawah Kelas / Semester : X / 1 Nama Guru : Sahuri, S.HI.
|
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pelajaran : MAN 1 Mempawah
Kelas/Semester : X/1-2
Tahun Pelajaran : 2019/2020
|
No |
Semester |
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu. |
Ket. |
|
1
2
3
4
5
6 |
I
II |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial, dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antarpribadi dengan guru dan teman. 2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
baik secara lisan maupun tulis. 3.2 Melafazkan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
baik secara lisan maupun tulis. 3.4 Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya dari teks terkait topik:
yang sesuai dengan konteks penggunaannya. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik:
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. 4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. 4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. Tarkib:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial, dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antarpribadi dengan guru dan teman. 2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
baik secara lisan maupun tulis. 3.2 Melafazkan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
baik secara lisan maupun tulis. 3.4 Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya dari teks terkait topik:
yang sesuai dengan konteks penggunaannya. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik:
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. 4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. 4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. Tadrib:
|
76
60
|
|
|
|
|
Jumlah jam pelajaran per tahun |
136 |
|
Mengetahui Mempawah …/…2019
Kepala MAN 1 Mempawah Guru Mata Pelajaran
Misran, S.Pd.i. Sahuri. S.HI.
NIP. '19820606 200604 1020
No comments:
Post a Comment