RENCANA PELAKSAANPEMBELAJARAN
Nama Pembuat : Kholilurrahim. S.Pd.I. S.Sy. M.Pd
Nama Sekolah/Isntansi : MAN I Mempawah
Email : Kholilsuryadi@gmail.com
Jenjang : MA/SMK
Kelas/Semester : XI/I
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Kompetensi Dasar : 3.2Menganalisiskerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaIslam dalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyadalamkhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakini
:4.2Menyajikanhasilanalisistentangkerajaan-kerajaanmaritimIndonesiapadamasaIslamdalamsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaansertapengaruhnyakhidupanmasyarakatIndonesiapadamasakinidalambentuktulisanataumedia lain
Topik : MasukdanBerkembangnyaPengaruhIslam diIndonesia
: Kerajaan-KerajaanBercorakMaritimpadaMasaIslamIndonesia
Tujuan
1. Mendeskripsikanpendapatpara ahlitentangprosesawalpenyebaranIslam diKepulauanIndonesiadan saluran perdagangantentangprosesmasukdan berkembangnyaagamadan kebudayaanIslam diKepulauanIndonesia.
2. Menganalisis munculnya kerajaan-kerajaan maritimpadamasaIslam diIndonesia.
3. Mengidentifikasifaktor-faktorpenyebabruntuhnya kerajaan-kerajaanmaritim padamasaIslam diIndonesia.
4. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Alat/Media
Alat :LCD
Media : Slide power point, Lembar intrumentugas
b. Sumber belajar/bahan ajar
Sumber belajar : Buku Modul
Bahan Ajar : Internet
Langkah1: Kegiatanawal(apersepsi)
- Doa.
- Absensi.
- Motivasidenganmengarahkansiswapadasituasipembelajaran. Langkah2: Kegiataninti
Mengamati
- Membacabukutekstentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanIslamyang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Menanya
- Menanyauntukmendapatkanklarifikasidanperluasan bahananalisismengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan- kerajaanIslamyang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
MengumpulkanData
- Mengumpulkandata daninformasiterkaitdengansistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanIslam yang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini,melaluibacaandansumberlainyang tersedia.
Mengasosiasi
- Menganalisisinformasidandata yangdidapatdaribacaandansumberlainyangterkaitmengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi,dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan- kerajaanIslam yang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Mengomunikasikan
- Membuatlaporanhasilanalisisdalambentuktulisandanataumedia lainmengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dankebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan- kerajaanIslamyang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Langkah3: Kegiatanakhir(Penutup)
- Rangkuman.
- Penilaianproses.
- Penugasan.
C. Penilain
1. Sikap
Observasidenganmengamatiproses pengumpulandata, analisisdata dan pembuatanlaporan tentangsistem pemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasakerajaan-kerajaanIslam.
2. Pengetahuan
Tes tertulis tentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesiapadamasa kerajaan-kerajaanIslam yang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Tugasdalam membuatanalisis mengenaisistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakat
Indonesiapadamasakerajaan-kerajaanIslamyang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasa kini.
Portofoliodalam penulisantentangsistempemerintahan,sosial,ekonomi, dan kebudayaanmasyarakatIndonesia padamasakerajaan-kerajaanIslamyang berpengaruhpadakehidupanmasyarakatIndonesiamasakini.
Mengetahui Mempawah 19 Agustus 2020
Kepala MAN 1 Mempawah Guru Mata Pelajaran
Misran, S.Pd.i. Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.
NIP. '19820606 200604 1020
No comments:
Post a Comment