KONTRAK PERKULIAHAN
1. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Menejemen Pendidikan
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR104
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : IV/Genap
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
2. Standar Kompetensi Lulus :
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Menjemen Pendidikan di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Menejmen Pendidikan sebagai Ilmu yang terkelompok dalam ilmu dasar.
3. Tempat Pertemuan : Ruang 3 Lantai 3.
4. Hari Pertemuan/Jam : Selasa , 07.30 – 09.10.
5. Kompetensi Dasar : Sesuai RKPS
6. Materi Pokok/Bahan Kajian : Sesuai RKPS
7. Tugas – Tugas :
- Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Menejemen Pendidikan.
- Menyusun pengertian dari Menejemen Pendidikan menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.
- Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.
- Mereview buku sesuai topik kuliah.
- Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Yang Berlandasan Menejemen Pendidikan yang ada di Indonesia.
8. Bahan Bacaan : Sesuai RKPS
9. Kriteria Penilaian : Sesuai RKPS
10. Tata Tertib :
a. Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh STAIM.
b. Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.
c. Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Menejemen Pendidikan.
d. Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.
e. Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi tidak ketat, pendek atau transparan.
f. Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.
g. Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.
11. Lain-lain :
Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.
Mempawah, 02 Maret 2021
Perwakilan Mahasiswa, Dosen Pengampu,
(Alif Alfarisi) Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd
NIDN.2122109202
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)
Nama Mata Kuliah : Menejemen Pendidikan
Jurusan/Prodi : Tadris Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : TAR104
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : IV/Genap
Dosen Pengampu : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.
Capaian Pembelajaran (LO) : Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan subyek dasar pendiikan yang ada di bermasyarakat dengan mengacu pada Menejemen Pendidikan (MP ) sebagai bagian dari pengacu dasar pendidikan yang berdampak positif di Indonesia.
|
TM KE |
KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN |
BEBAN KAJIAN |
METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN |
EVALUASI (POST TEST) |
ALOKASI WAKTU |
BOBOT |
|
I |
Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah |
1. Kontrak Belajar. 2. Orientasi Perkuliahan
|
1. Instruksi Langsung.
|
Tidak Ada |
Tertulis: Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Menejemen Pendidikan |
100 Menit |
5 % |
|
II |
Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Filsafat Administrasi Pendidikan
|
1. Masalah Kebenaran 2. Kebenaran dalam Ilmu Pengetahuan 3. Filsafat Administrasi Pendidikan 4. Kepala Sekolah Sebagai Administrasi Pendidikan
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Maslah Filsafat Administrasi Pendidikan dan Bagian-bagianya. |
Lisan : Mengidentifikasikan dan memaparkan Masalah Filsafat Administrasi Pendidikan dan Bagian-bagianya. |
100 Menit |
5 % |
|
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional
|
1. Hakikat Desentralisasi Menejemen Pendidikan 2. Runag Lingkup Desentralisasi Menejmen Pendidikan |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Memahami Pertumbuhan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional 2. Menjelaskan Perkembangan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional
|
Lisan : Dapat menjelaskan Pertumbuhan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional dan Perkembangan Menejemen Peniddikan Tertulis : Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional dan Perkembangan Menejemen Peniddikan |
100 Menit |
5 % |
|
IV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Organisasi Pendidikan
|
1. Pengertian Organisasi 2. Aspek-aspek Organisasi 3. Jenis-jenis Oeganisasi 4. Dimensi Struktur Organisasi 5. Desain Organisasi |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Organisasi Pendidikan supaya mudah dipahami dan diingat oleh mahasiswa
|
Lisan : Menjelaskan Sumber Organisasi Pendidikan
Tertulis : Membuat permumusan Sumber Organisasi Pendidikan hingga mudah diingat |
100 Menit |
5 % |
|
V |
Mahasiswa mampu menjelaskan Menejemen Sekolah
. |
1. Pengertian Menejmen 2. Pengertian Menejmen Pendidikan 3. Tujuan Menejemen Pendidikan 4. Pendekatan-pendekatan Menjemen 5. Prinsip Menejmen |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.
|
1. Menyimpulkan Pengertian Menejemen Sekolagh 2. Menjelaskan kata lain dari Menejemen Sekolah
|
Tertulis : Membuat Makalah Individu dengan Tema Menejemen Sekolah
Lisan : Menjelaskan dan dapat membedakan Kata lain dari Menejemen Sekolah
|
100 Menit |
5 % |
|
VI |
Mahasiswa mampu Memahami Tujuan Menejemen Kelas
.
|
1. Menejmen Pembelajaran 2. Konsep Menejemen Kelas 3. Kegiatan Menjemen Kelas 4. Tujuan Menejemen Kelas 5. Faktor yang Mempengaruhi Menjemen Kelas |
Mahasiswa: Memberikan pemahaman Tentang Tujuan Menejemen Kelas Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Merumuskan Tujuan Menejemen Kelas 2. Melakukan pengkajian Tentang Tujuan Menejemen kelas
|
Tertulis : Membuat Rumusan tentang Tujuan Menejemen Kelas
|
100 Menit |
5 % |
|
VII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kepemimpinan Kependidikan
|
1. Fungsi Kepemimpinan Pendidikan 2. Tipe-tipe kepemimpinan Kependidikan 3. Syarat-syarat Pemimpin Kependidikan 4. Keterampilan yang Haris Dimiliki Pemimpin 5. Pendekatan tentang teori Munculnya Pemimpin
|
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman 4. Penugasan
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Fungsi Kepemimpinan Kependidikan 2. Mengidentifikasikan Solusi Kepemimpinan Kependidikan |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Kepemimpinan Kependidikan dan Solusinya |
100 Menit |
5 % |
|
VIII |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Sistem Informasi Pnedidikan |
1. Pengertian Informasi 2. Komponen-komponen Sistem Informasi Menejemen |
Mahasiswa: 5. Instruksi Langsung 6. Diskusi dan Tanya Jawab 7. Pemahaman 8. Penugasan
Dosen: 5. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 6. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 7. Memberikan hasil analisisnya. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
1. Menjelaskan Fungsi Sistem Informasi Pnedidikan 2. Mengidentifikasikan Langkahlangkah dalam penyususnan Sistem Informasi Pnedidikan 3. Serta Komponen Sistem Informasi Pnedidikan |
Lisan : Dapat memahami dan menjelaskan Penyususnan Sistem Informasi Pnedidikan |
100 Menit |
5 % |
|
IX |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII |
Evaluasi menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa: Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa |
Melakukan evaluasi (UTS) materi perkuliahan Menejemen Penidikan mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII |
Tertulis : Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. |
100 Menit |
5 % |
|
X |
Mahasiswa mampu memahami Menejmen Implementasi Kurikulum |
1. Pengertian Menejenen Kurikulum 2. Ruanglingkup Menjemen Kurikulum 3. Prinsip dan Fungsi Menejemen Kurikulum |
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Diskusi Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi
|
100 Menit |
10 % |
|
XI |
Mahasiswa mampu Memahami Menejemen Peserta Didik |
1. Pengertaian Menejemen Peserta didik 2. Tujuan, Fungsi dan Prinsip Menejemen Peserta Didik 3. Ruang lingkup Menejemen Peserta didik 4. Layanan Khusus yang Menunjukkan Menejemen Peserta didik
|
Mahasiswa: Memaparkan dan Mendiskusikan hasil Penugasan
Dosen: 1. Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan 2. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah |
Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi |
Lisan : Diskusi Kelompok
Tertulis : Menyempurnakan Makalah Diskusi |
100 Menit |
10 % |
|
XII |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menejmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan |
1. Definisi Menejemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2. Tujuan menejemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan 3. Tugas dan fungsi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 4. Aktifitas Menejemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menjelaskan dan memberikan contoh Cara Menejmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Semua Unsur-Unsurnya.
|
Lisan : Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Cara Menejmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Semua Unsur-Unsur-Unsurnya
|
100 Menit |
5 % |
|
XIII |
Mahasiswa mampu memahami Menejemen Keuangan Pendidikan |
1. Konsep Menjemen Keuangan 2. Organisasi Pendididikan Sebagai Organisasi sektor Publik 3. Penganggaran 4. Akuntansi 5. Implementasi di Lapnagan |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan Menejemen Keuangan Pendidikan |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan pemahaman tentang Menejemen Keuangan Pendidikan |
100 Menit |
5 % |
|
XIV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dalam Menejemen sekolah dan Masyarakat |
1. Konsep Dasar Menejmen sekolah dan Masyarakat 2. Implementasi di Lapangan 3. Runglingkup Sekolah dan Masyarakat 4. Hubungan Sekolah dan Masyarakat |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab 3. Pemahaman
Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait. |
Menyimpulkan dalam Menejemen sekolah dan Masyarakat |
Lisan : Mendiskusikan dan menjelaskan dalam Menejemen sekolah dan Masyarakat |
100 Menit |
5 % |
|
XV |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menejmen Peningkatan Mutu Pendidikan
|
1. Sejarah Mutu 2. Difinisi Mutu 3. Menejmen Mutu Terpadu 4. Prinsip Mutu 5. Konsep Mutu 6. Implementasi Menjemen Mutu Melalui Konsep MPMBS |
Mahasiswa: 1. Instruksi Langsung 2. Diskusi dan Tanya Jawab Dosen: 1. Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap. 2. Menjelaskan bahan kajian yang belum jelas. 3. Memberikan hasil analisisnya. 4. Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah. |
Menyimpulkan dan menjelaskan Menejmen Peningkatan Mutu Pendidikan
|
Lisan : Menjelaskan dan mendiskusikan Tentang Menejmen Peningkatan Mutu Pendidikan
|
100 Menit |
5 % |
|
XVI |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.
|
Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV |
Evaluasi Menyeluruh secara tertulis. Mahasiswa : Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan. Dosen: Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA. |
Melakukan evaluasi (UAS) materi perkuliahan Menejemen Pendidikan mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV |
Ujian Akhir Semester |
100 Menit |
15 % |
|
REFERENSI |
|
1. Prof. Dr. H. Dadang suharda Dkk (2008 ), Menejmen Pendidikan, Bandung, Alfabeta. 2. Arikunto Suharsimin Dkk. (2008). Menejemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media. 3. Suhardan Dadang Dkk (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alafabet 4. Hafid Anwar. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabet 5. Dani Zulkarnain. (2017). Menejemen Mutu Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Belajar 6. Fahmi Irhan (2014). Menejemen (Teori, Kasus, dan Solusi). Bandung: Alfabet CV 7. Fattah Nanang. (2000). Landasan Menejemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya 8. Usman Husain. (2011). Menejemen Teori, Praltek dan Riset Pendidikan. Yigyakarta: Bumi Aksara 9. Hasibun. (1995). Menejemen Sumber daya Manusia.Jakarta: Bina Rupa Aksara 10. Siswanto. (2011). Pengantar Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara 11. Brantas. (2009). Dasar-dasar Menejemen. Jakarta; Alfabet |
Mempawah, 02 Maret 2021
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris
Dhofir. S.S. M.Pd. Kholilurrahim, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd
NIDN: 2108028903 NIDN.2122109202
No comments:
Post a Comment