Tuesday, 30 November 2021

KONTRAK PERKULIAHAN DAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH MANAJEMEN KELAS

 

KONTRAK PERKULIAHAN

1.     Identitas Mata Kuliah:

 Nama Mata Kuliah                        : Menejemen Pendidikan

 Jurusan/Prodi                                : Tadris Bahasa Inggris

  Kode Mata Kuliah                         : TAR104

Bobot SKS                                      : 2 SKS

Semester                                       : IV/Genap

Dosen Pengampu                          : Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

 

2.     Standar Kompetensi Lulus        :

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis mengenai Menjemen Pendidikan di Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budaya di Indonesia dalam tatanan Hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang pentingnya Menejmen Pendidikan sebagai Ilmu yang terkelompok dalam ilmu  dasar.

 

3.      Tempat Pertemuan                     : Ruang 3 Lantai 3.

4.      Hari Pertemuan/Jam                   : Selasa , 07.30 – 09.10.

5.      Kompetensi Dasar                       : Sesuai RKPS

6.      Materi Pokok/Bahan Kajian       : Sesuai RKPS

7.      Tugas – Tugas                               :

-          Membuat Catatan (Kutipan Langsung) materi yang telah ditentukan atau yang telah disusun dalam Standar Kompetensi Kelulusan Menejemen Pendidikan.

-          Menyusun pengertian dari Menejemen Pendidikan menurut pendapat para ahli dan mahasiswa serta unsur-unsur dari rumusan tersebut.

-          Membuat makalah sesuai materi yang ditentukan.

-          Mereview buku sesuai topik kuliah.

-          Melakukan Diskusi Kelompok terhadap permasalahan Yang Berlandasan Menejemen Pendidikan yang ada di Indonesia.

 

8.      Bahan Bacaan                              : Sesuai RKPS

9.      Kriteria Penilaian                         : Sesuai RKPS

10.  Tata Tertib                                   :

a.      Mahasiswa wajib mentaati peraturan yang telah  ditetapkan oleh STAIM.

b.      Mahasiswa telah terdaftar dalam KRS dan Presensi perkuliahan.

c.       Setiap Mahasiswa wajib memiliki 1 (satu) literatur yang terkait dengan Menejemen Pendidikan.

d.      Tidak boleh merokok dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

e.      Pakaian yang sopan, khusus untuk mahasiswi  tidak ketat, pendek atau transparan.

f.        Wajib mengikuti UTS dan UAS atau bentuk lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu.

g.      Kehadiran minimal bagi mahasiswa/i adalah sebanyak 75 % (tujuh puluh lima persen) dari kehadiran Dosen  Pengampu untuk dapat mengikuti UAS.

11.  Lain-lain                                        :

Apabila ada hal-hal yang berada di luar kesepakatan ini perlu disepakati, maka dapat dibicarakan pada acara perkuliahan. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, sejak disampaikan dan ditanda tangani.

 

 

Mempawah, 02 Maret 2021

 

 

 

           Perwakilan Mahasiswa,                             Dosen Pengampu,

 

 

 

 

             (Alif Alfarisi)                                           Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd

                                                                             NIDN.2122109202      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RKPS)

Nama Mata Kuliah                                                :  Menejemen Pendidikan

Jurusan/Prodi                                                       :  Tadris Bahasa Inggris

Kode Mata Kuliah                                                 :   TAR104

Bobot SKS                                                              :   2 SKS

Semester                                                               :   IV/Genap

Dosen Pengampu                                                 :   Kholilurrahim, S.Pd.I, S.Sy, M.Pd.

Capaian Pembelajaran (LO)                                :  Mahasiswa    mampu menyelesaikan permasalahan subyek dasar pendiikan yang ada di bermasyarakat dengan mengacu pada Menejemen Pendidikan (MP ) sebagai bagian dari pengacu dasar pendidikan yang berdampak positif di Indonesia.

 

TM KE

KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN

BEBAN KAJIAN

METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

EVALUASI

(POST TEST)

ALOKASI

WAKTU

BOBOT

I

Mahasiswa  mengetahui dan  memahami Tujuan Ruang lingkup dan kotrak belajar Mata Kuliah

1.     Kontrak Belajar.

2.     Orientasi Perkuliahan

 

1.     Instruksi Langsung.

 

Tidak Ada

Tertulis:

Mengumpulkan literature pemaparan dosen Seputar Menejemen Pendidikan

100 Menit

5 %

II

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mampu menjelaskan Filsafat Administrasi Pendidikan

 

1.    Masalah Kebenaran

2.    Kebenaran dalam Ilmu Pengetahuan

3.    Filsafat Administrasi Pendidikan

4.    Kepala Sekolah Sebagai Administrasi Pendidikan 

 

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Maslah Filsafat Administrasi Pendidikan dan Bagian-bagianya.

Lisan :

Mengidentifikasikan dan memaparkan  Masalah Filsafat Administrasi Pendidikan dan Bagian-bagianya.

100 Menit

5 %

III

Mahasiswa mampu menjelaskan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional

 

1.  Hakikat Desentralisasi Menejemen Pendidikan

2.  Runag Lingkup Desentralisasi Menejmen Pendidikan

   Mahasiswa:

1. Instruksi Langsung

2. Diskusi dan Tanya Jawab

3. Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Memahami Pertumbuhan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional

2.     Menjelaskan Perkembangan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional

 

Lisan :

Dapat menjelaskan Pertumbuhan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional dan Perkembangan Menejemen Peniddikan

Tertulis :

Mengumpulkan dan merumuskan Pertumbuhan Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional dan Perkembangan Menejemen Peniddikan

100 Menit

5 %

IV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Organisasi Pendidikan

 

 

 

 

 

1.       Pengertian Organisasi

2.       Aspek-aspek Organisasi

3.       Jenis-jenis Oeganisasi

4.       Dimensi Struktur Organisasi

5.      Desain Organisasi

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

4.     Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Memberikan pemahaman dan penjelasan point-point Organisasi Pendidikan supaya mudah dipahami dan diingat oleh mahasiswa

 

Lisan :

Menjelaskan Sumber Organisasi Pendidikan

 

Tertulis :

Membuat permumusan Sumber Organisasi Pendidikan hingga mudah diingat

100 Menit

5 %

V

Mahasiswa mampu menjelaskan Menejemen Sekolah

 

.

1.       Pengertian Menejmen

2.       Pengertian Menejmen Pendidikan

3.       Tujuan Menejemen Pendidikan

4.       Pendekatan-pendekatan Menjemen

5.      Prinsip Menejmen

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

  Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

 

1.     Menyimpulkan Pengertian Menejemen Sekolagh

2.     Menjelaskan kata lain dari Menejemen Sekolah

 

Tertulis :

Membuat Makalah Individu dengan Tema Menejemen Sekolah

 

Lisan :

Menjelaskan dan dapat membedakan Kata lain dari Menejemen Sekolah

 

 

100 Menit

5 %

VI

Mahasiswa mampu Memahami Tujuan Menejemen Kelas

 

 

 

 

.

 

1.       Menejmen Pembelajaran

2.       Konsep Menejemen Kelas

3.       Kegiatan Menjemen Kelas

4.       Tujuan Menejemen Kelas

5.      Faktor yang Mempengaruhi Menjemen Kelas

Mahasiswa:

Memberikan pemahaman Tentang Tujuan Menejemen Kelas

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.   Membe­rikan hasil analisisnya.

4.   Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1. Merumuskan Tujuan Menejemen Kelas

2. Melakukan pengkajian Tentang Tujuan Menejemen kelas

 

Tertulis :

Membuat Rumusan tentang Tujuan Menejemen Kelas

 

 100 Menit

 5  %

VII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kepemimpinan Kependidikan

 

 

 

1.       Fungsi Kepemimpinan Pendidikan

2.       Tipe-tipe kepemimpinan Kependidikan

3.       Syarat-syarat Pemimpin Kependidikan

4.       Keterampilan yang Haris Dimiliki Pemimpin

5.       Pendekatan tentang teori Munculnya Pemimpin

 

 

 

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

4.      Penugasan

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.     Menjelaskan Fungsi Kepemimpinan Kependidikan

2.     Mengidentifikasikan Solusi  Kepemimpinan Kependidikan

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Kepemimpinan Kependidikan dan Solusinya

100 Menit

5 %

VIII

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, Sistem Informasi Pnedidikan

1.     Pengertian Informasi

2.    Komponen-komponen Sistem Informasi Menejemen

Mahasiswa:

5.      Instruksi Langsung

6.      Diskusi dan Tanya Jawab

7.      Pemahaman

8.      Penugasan

 

Dosen:

5.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

6.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

7.     Membe­rikan hasil analisisnya.

Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

1.       Menjelaskan Fungsi Sistem Informasi Pnedidikan

2.       Mengidentifikasikan Langkahlangkah dalam penyususnan Sistem Informasi Pnedidikan

3.       Serta Komponen Sistem Informasi Pnedidikan

Lisan :

Dapat  memahami  dan menjelaskan Penyususnan Sistem Informasi Pnedidikan

100 Menit

5  %

IX

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan I sampai dengan pertemuan VIII

Evaluasi menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa:

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa

Melakukan evaluasi (UTS) materi  perkuliahan Menejemen Penidikan mulai Tatap Muka I hingga Tatap Muka VII

Tertulis :

Dapat mengerjakan soal-soal yang telah disediakan.

100 Menit

5 %

X

Mahasiswa mampu memahami Menejmen Implementasi Kurikulum

1.       Pengertian Menejenen Kurikulum

2.       Ruanglingkup Menjemen Kurikulum

3.      Prinsip dan Fungsi Menejemen Kurikulum

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Diskusi

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

 

 100 Menit

 10  %

XI

Mahasiswa mampu Memahami Menejemen Peserta Didik

1.       Pengertaian Menejemen Peserta didik

2.       Tujuan, Fungsi dan Prinsip Menejemen Peserta Didik

3.       Ruang lingkup Menejemen Peserta didik

4.       Layanan Khusus yang Menunjukkan Menejemen Peserta didik

 

Mahasiswa:

Memaparkan dan Mendiskusikan  hasil Penugasan 

 

 Dosen:

1.     Memberikan masukan dan lebih menyempurnakan hasil tugas lapangan

2.      Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah

Melaksanakan Diskusi Kelompok sesuai materi yang telah dibagi

Lisan :

Diskusi Kelompok

 

Tertulis :

Menyempurnakan Makalah Diskusi

100 Menit

10 %

XII

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menejmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan

1.       Definisi Menejemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

2.       Tujuan menejemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

3.       Tugas dan fungsi Tenaga Pendidik dan Kependidikan

4.       Aktifitas Menejemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Mahasiswa:

1.      Instruksi Langsung

2.      Diskusi dan Tanya Jawab

3.      Pemahaman

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menjelaskan  dan memberikan contoh Cara Menejmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Semua Unsur-Unsurnya.

 

Lisan :

Mengetahui, memahami dan menjelaskan Kedudukan Cara Menejmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Semua Unsur-Unsur-Unsurnya

 

100 Menit

5 %

XIII

Mahasiswa mampu memahami Menejemen Keuangan Pendidikan

1.       Konsep Menjemen Keuangan

2.       Organisasi Pendididikan Sebagai Organisasi sektor Publik

3.       Penganggaran

4.       Akuntansi

5.       Implementasi di Lapnagan

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan Menejemen Keuangan Pendidikan

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  pemahaman tentang Menejemen Keuangan Pendidikan

100 Menit

5  %

XIV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dalam Menejemen sekolah dan Masyarakat

1.       Konsep Dasar Menejmen sekolah dan Masyarakat

2.       Implementasi di Lapangan

3.       Runglingkup Sekolah dan Masyarakat

4.       Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung 

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

3.     Pemahaman

 

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas.

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait.

Menyimpulkan dalam Menejemen sekolah dan Masyarakat

Lisan :

Mendiskusikan dan menjelaskan  dalam Menejemen sekolah dan Masyarakat

100 Menit

5 %

XV

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menejmen Peningkatan Mutu Pendidikan

 

1.       Sejarah Mutu

2.       Difinisi Mutu

3.       Menejmen Mutu Terpadu

4.       Prinsip Mutu

5.       Konsep Mutu

6.       Implementasi Menjemen Mutu Melalui Konsep MPMBS

Mahasiswa:

1.     Instruksi Langsung

2.     Diskusi dan Tanya Jawab

Dosen:

1.     Melengkapi data kajian yang diperlukan lengkap.

2.     Menjelaskan ba­han kajian yang be­lum jelas. 

3.     Membe­rikan hasil analisisnya.

4.     Hal-hal lainnya yang terkait dengan materi kuliah.

Menyimpulkan dan menjelaskan Menejmen Peningkatan Mutu Pendidikan

 

Lisan :

Menjelaskan dan mendiskusikan  Tentang Menejmen Peningkatan Mutu Pendidikan

 

100 Menit

5 %

XVI

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, me­nganalisis, dan mendeskripsikan materi, dari pertemuan X sampai dengan pertemuan XV dengan baik dan benar.

 

Semua Beban Kerja pertemuan X sampai dengan pertemuan XV

Evaluasi Menyeluruh secara tertulis.

Mahasiswa :

Mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disediakan.

Dosen:

Mengawasi dan mengoreksi hasil kerja mahasiswa, kemudian melaporkannya sebagai hasil akhir dalam bentuk DPNA.

Melakukan evaluasi (UAS) materi  perkuliahan Menejemen Pendidikan mulai Tatap Muka X hingga Tatap Muka XV

Ujian Akhir Semester

100 Menit

15 %

 

REFERENSI

1.     Prof. Dr. H. Dadang suharda Dkk (2008 ), Menejmen Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

2.      Arikunto Suharsimin Dkk. (2008). Menejemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

3.     Suhardan Dadang Dkk (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alafabet

4.     Hafid Anwar. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabet

5.     Dani Zulkarnain. (2017). Menejemen Mutu Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Belajar

6.     Fahmi Irhan (2014). Menejemen (Teori, Kasus, dan Solusi). Bandung: Alfabet CV

7.     Fattah Nanang. (2000). Landasan Menejemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

8.     Usman Husain. (2011). Menejemen Teori, Praltek dan Riset Pendidikan. Yigyakarta: Bumi Aksara

9.     Hasibun. (1995). Menejemen Sumber daya Manusia.Jakarta: Bina Rupa Aksara

10. Siswanto. (2011). Pengantar Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara

11. Brantas. (2009). Dasar-dasar Menejemen. Jakarta; Alfabet

        Mempawah, 02 Maret 2021

                                      Mengetahui,                                                                                                                                          Dosen Pengampu,

                        Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris

 

 

          Dhofir. S.S. M.Pd.                                                                                                                               Kholilurrahim, S.Pd.I,S.Sy,M.Pd

       NIDN: 2108028903                                                                                                                    NIDN.2122109202

No comments:

Post a Comment