RENCANA PELAKSAANPEMBELAJARAN
Nama Pembuat : Kholilurrahim. S.Pd.I. S.Sy. M.Pd
Nama Sekolah/Isntansi : MAN I Mempawah
Email : Kholilsuryadi@gmail.com
Jenjang : MA/SMK
Kelas/Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Kompetensi Dasar : 3.1Menganalisis kehidupanmanusiadalamruangdanwaktu
:4.1Menyajikanhasilkajiantentangketerkaitankehidupanmanusiadalamruangdanwaktudalambentuktulisandan/atau medialain
Topik : Pengertiansejarah
:Manusiahidupdalamruangdanwaktu
A. Tujuan
1. Melalui pengamatan gambar peserta didik dapat menjelaskan tentang peristiwasejarah
2. Dengan membaca buku peserta didik memiliki rasa ingin tahu tentang konsep manusia hidup dalam ruang danwaktu
3. Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang danwaktu
4. Denganmencariinformasidariberbagaisumberpersertadidikdapatmembuatkesimpulan hasilkajiandalambentuktulisantentanganalisisketerkaitankonsepmanusiahidupdalam ruang dan waktu dalam bentukartikel
B. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Alat/Media
Alat :LCD
Media : Slide power point, Lembar intrumentugas
b. Sumber belajar/bahan ajar
Sumber belajar : Buku Modul
Bahan Ajar : Internet
|
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
|
Pendahuluan |
· Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan memberisalam · Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulaiprosesKBM(kerapian,kebersihanruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yangdiperlukan) · Memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik · Memotivasi peserta didik untuk lebih fokus dan semangat dalam mengikutipembelajaran · Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akandicapai. |
15 Menit |
|
|
|
|
|
Inti |
· Peserta didik diberi tugas untuk membaca buku paket · Guru memancing siswa untuk berpendapat terkait pengertiansejarah · Guru menunjuk salah satu siswa siswa untuk menceritakan pengalamanya yang berkesan di depankelas · Guru menunjuk salah satu siswa untuk menceritakan peristiwareformasi · Guru membimbing siswa untuk memahami pengertiansejarah · Guru menampilkan gambar diproyektor berkaitan dengan materi gambar tokoh Soekarno, waktu,dan Proklamasi · Gurumenjelskangarisbesarmateritentang konsep manusia ruang dan waktu dalamsejarah · Guru merangsang keingintahuan siswa untuk bertanya melaluipenjelasan · Guru mengarahkan jawaban pertanyaan siswa ke indikator yang telahdibuat · Gurumemintaketuakelasuntukmajukedepandan menghadap kebelakang · Guru mengambil tongkat kemudian memberikanya kepada salah satu siswa · Tongkat kemudian diberikan secara bergilir kepada siswa lain yang sejajar seiringdengan dinyanyikanya lagu daerah · Ketua kelas berhak menghentikan lagu kapansaja · Siswa yang memegang tongkat ketika ketua kelas menghentikan lagu dialah yang akan menjawab pertanyaan dari guru, begitu seterusnya sampai pertanyaanhabis · Guru dan siswa memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar |
105 menit |
|
Penutup |
· Peserta didik membuat rangkuman materipelajaran · Guru melakukan penjajagan hasil belajar peserta didik dengan melakukan tanya jawab materi yang telah diberikan ( posttes). · Menutup pelajaran dengansalam. |
15 Menit |
C. Penilain
1. Jenis/Teknik penilaian(terlampir)
i. Tes tertulis(pengetahuan)
ii. Tugas/portofolio(ketrampilan)
2. Bentuk instrumen dan pedoman penskoran(terlampir)
i. Instrumen penilaian pengetahuan : testertulis
ii. Instrumenpenilaianketrampilan : laporan hasil diskusi/presentasi
Mengetahui Mempawah 12 Agustus 2020
Kepala MAN 1 Mempawah Guru Mata Pelajaran
Misran, S.Pd.i. Kholilurrahim, S.Pd.i. S.Sy. M.Pd.
NIP. '19820606 200604 1020
No comments:
Post a Comment