Nama Sekolah : MA Al-Manshury
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 60 menit ( 1x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Passive Voice
Pertemuan Ke : 1
A. Standar Kompetensi
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tidak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
|
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya |
IPK Pendukung: Memasangkan gambar dengan frase yang tepat Menentukan persamaan kata |
|
IPK Inti: Mengidentifikasi fungsi sosial teks interaksi transaksional Menjelaskan fungsi sosial teks interaksi transaksional Menelaah fungsi sosial teks interaksi transaksional Menunjukkan struktur teks interaksi transaksional |
|
|
Menjelaskan struktur teks interaksi transaksional Menganalisis struktur teks interaksi Menyebutkan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional Menentukan struktur teks interaksi transaksional Menerapkan unsur kebahasaan (passive voice) pada teks interaksi transaksional |
|
|
IPK Pengayaan: 3.5.3Merumuskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah. |
|
|
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. |
IPK Pendukung: Menentukan fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah sesuai dengan konteks. Membuat kerangka/outline teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan |
|
memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah sesuai dengan struktur teks dan konteks 4.5.1.3 Menerapkan unsur kebahasaan (passive voice) pada teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah sesuai dengan konteks. |
|
|
IPK Inti: 4.5.2.1Menyusun kata kata menjadi kalimat 4.5.2.1Menyusun kalimat menjadi satu teks utuh Melengkapi teks dengan unsur kebahasaan (passive voice)yang tepat Mengembangkan outline teks menjadi teks utuh Mengedit teks Mendemontrasikan hasil teks secara lisan dan tulisan |
|
|
IPK Pengayaan: Membuat 1 minute video dengan tema “You should know” |
C.Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaraa:
· Siswa dapat membuat kalimat passive voice dengan berbagai bentuk tenses.
· Siswa dapat mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat (S+V+O)
· Siswa dapat membuat pertanyaan dan menjawab pertanyanan berdasarkan topik yang diberikan.
D.Materi Pokok
|
|
Jumlah JP |
|||
|
Topik |
Materi |
In - 1 |
On |
In - 2 |
|
1 |
Fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional (Teks Ilmiah) Listening dan Reading |
3 |
3 |
1 |
|
2 |
Fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional (Teks Ilmiah) Speaking dan Writing |
3 |
3 |
1 |
|
Total Jam Pembelajaran PKB |
6 |
6 |
2 |
|
E.Metode Pembelajaran / Teknik
1. Pendekatan : Scientific approach
2. Model : Discovery Learning ,Project Based-Learning
3. Teknik : Tanya-jawab dan diskusi
F.Strategi Pembelajaran
|
No. |
Aktivitas Peserta Didik |
Aktivitas Guru |
Waktu |
|
1 Pendahuluan |
ü Menyimak dan menjawab pertanyaan Guru ü Berbaris menghadap papan tulis dalam kelompok terdiri dari 10 ü Peserta didik yang berbaris paling depan menulis nama lengkapnya secara vertikal Art Impossible Sing Young A …
Ring A... H... M... A... ü Secara bergiliran menulis satu kata yang berawalan huruf yang tertulis di papan tulis. |
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran ü Menginformasikan kegiatan pembelajaran ü Melakukan apersepsi untuk memotivasi (game: whiteboard acronym) ü Mengapresiasi kelompok yang menyelesaikan paling awal dan benar ejaan nya. |
15 |
|
2 Inti |
Mengamati ü Membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 peserta didik ü Menyimak tayangan youtube ü Menirukan pengucapan dan pelafalan
Menanya ü Menentukan pertanyaan rinici “Bagaimana menerapkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi tansaksional ini?” ü Mendiskusikan LKPD 1
Mengeksplorasi ü Mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah dibuat. ü Menyimpulkan jawaban ü Mendiskusikan LKPD 2 |
ü Mengelompokkan peserta didik. 1 kelompok terdiri dari 4-5 anggota. ü Menayangkan video dari youtube dengan judul “How Software is made” link youtube https://www.youtube. com/watch?v=bWde GTJxMQc&ab_chann el=JaredOwen. ü Mengaktifkan subtitles
ü Membimbing siswa membuat pertanyaan rinci untuk menjawab “Bagaimana menerapkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi tansaksional ini?”
ü Membimbing siswa melakukan ekplorasi ü Membahas pertanyaan dan jawaban bersama siswa ü Membahas LKPD 2 |
110’ |
|
|
Mengasosiasi ü Membaca teks pada LKPD 3 ü Menjawab pertanyaan pada LKPD 3
Mengomunikasikan ü Menkonsepkan fungsi sosial. struktur teks dan unsur kebahasaan teks ilmiah dalam bentuk peta konsep atau infografik atau podcast ü Menampilkan peta konsep atau infografik atau podcast di media sosial. |
ü Menjadi fasilitator untuk penugasan LKPD 3 ü Membahas hasil penugasan di LKPD3
ü Membimbing siswa membuat peta konsep atau infografik atau podcast ü Mengapresiasi produk peta konsep atau infografik atau podcast Siswa |
|
|
3 Penutup |
ü Menulis kesan pembelajaran hari ini di media sosial ü Mengucapkan Alhamdulillah dan salam |
ü Menulis kesan pembelajaran hari ini di media sosial ü Mengucapkan Alhamdulillah, mendoakan siswa dan salam. |
10 |
G.Sumber / Bahan / Alat
· Tulisan yang sudah dipotong-potong
· Karton
· lem
· Sricpt /Materi
· Kamus.
H.Penilaian
I.Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh
|
No. |
Indikator |
Teknik |
Bentuk |
Contoh |
|
1.
|
Menyusun kata kalimat aktif menjadi kalimat pasif sesuai dengan S, V, dan O |
Menyusun kata |
Menyusun kalimat yang sudah di potong-potong |
Susunlah kalimat tersebut sesuai dengan rumus yang ada. |
|
2. |
Membaca dan membuat sebuah pertanyaan beserta jawabanya sesuai tekt |
Membuat pertanyaan dan jawabanya |
Membuat pertanyaan beserta jawaban sesuai teks |
Bacalah teks terlebi dahulu dan buatlah pertanyaan beserta jawabanya sesuai teks |
II. Instrumen Penilaian
Change these active sentences into their passive forms!
1. Mita writes a letter.
2. Sombody is teaching me english
3. Who is calling her?
4. Did anybody visit you last night?
5. Someone calls me
Key answer:
1. A letter is written by mita.
2. English is being taught me.
3. Whom is she being called by?
4. Were are you visited last night?
5. I am called
E. Pedoman penilaian
Nama peserta didik: Kelas:
|
No. |
Aspek yang Dinilai |
Baik |
Kurang baik |
|
1. |
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan) |
|
|
|
2. |
Isi presentasi (kedalaman, logika) |
|
|
|
3. |
Koherensi dan kelancaran berbahasa |
|
|
|
4. |
Bahasa: |
|
|
|
|
Ucapan |
|
|
|
|
Tata bahasa |
|
|
|
|
Perbendaharaan kata |
|
|
|
5. |
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh) |
|
|
|
Skor yang dicapai |
|
|
|
|
Skor maksimum |
10 |
||
Keterangan:
Baik mendapat skor 2
Mengetahui, SBBD 13 November 2021
Kepala MA Al-Mansury Guru Mapel Bahasa Inggris
Muhammad Yani, S.Pd Fatimah, S.Pd.
NIP. NIP.
Lampiran materi
Sinovac Covid-19 Vaccine Arrives in Indonesia
Ahad 06 Dec 2020 22:09 WIB
Rep: Intan Pratiwi/ Red: Elba Damhuri

INDONESIA ENTER A NEW ERA IN THE MIDST OF THE COVID-19 PANDEMIC.
Indonesia enter a new era in the midst of the Covid-19 pandemic.This is marked by the arrival of the Covid-19 vaccine from China this Sunday evening.
The first vaccine ordered by the government from China landed at Soekarno Hatta Airport on Sunday (6/12) 21.23 WIB. The vaccine was brought by Garuda Indonesia GIA810 777-300ER from Beijing.
The Sinovac vaccine is one of the six vaccines that have been ordered by the Government. The government has also tested this vaccine on several volunteers.
Based on the letter number HK.01.07 / Menkes / 9860/2020 dated December 3, 2020, regarding the determination of the type of vaccine for Covid-19 vaccination, specifies several types of vaccines to be used as vaccinations.
The six types are produced by PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc and Biontech and Sinovac Biotech Ltd.
Change these active sentences into their passive forms!
1.Mita writes a letter.
2.Sombody is teaching me english
3.Who is calling her?
4.Did anybody visit you last night?
5.Someone calls me
Make 3 guestion from the text above
No comments:
Post a Comment